Tuesday, December 22, 2015

Ternyata Protein Pada Susu Balita Terbaik Berbahaya

susu balita terbaik
Friso Indonesia


Susu balita terbaik mengandung nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Kandungan nutrisi tersebut seperti kalsium, vitamin, omega 3, protein, dan lain sebagainya. Tentu saja banyak sekali nutrisi lainnya yang terkandung di dalam susu terbaik untuk balita.


Akan tetapi, tidak banyak yang tahu ternyata protein pada susu balita juga bisa menimbulkan efek samping. Untuk beberapa anak, protein dalam susu formula terbaik bisa mengakibatkan alergi.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Apakah ibu harus menghentikan pemberian susu formula? Tentu saja tidak. Berikut beberapa hal yang sebaiknya ibu ketahui tentang protein yang bisa membuat anak alergi terhadap susu balita terbaik. Selain itu, ada juga tips agar anak terhindar dari alergi terhadap protein dalam susu anak.

Jenis Protein yang Mengakibatkan Alergi

Ada beberapa jenis protein yang dapat diperoleh dari makanan dan juga susu balita. Akan tetapi, hanya ada dua jenis protein yang bisa membuat anak alergi. Yang pertama adalah casein. Ini merupakan jenis protein yang terdapat pada bagian pada susu yang beku. Yang kedua adalah whey. Jenis protein yang satu ini terdapat pada bagian cair susu yang tersisi setelah susu membeku.

Kebanyakan anak alergi terhadap dua jenis protein tersebut. Artinya, jika balita ibu juga alergi terhadap protein, ibu harus menghindari memberikan susu balita terbaik yang mengandung dua jenis protein tersebut. Namun, tidak itu saja, ibu juga harus memberikan makanan yang tidak mengandung dua jenis protein tersebut.

Beberapa protein yang menurut ahli kesehatan sehat dan aman untuk balita adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat kaya dan juga sangat aman. Berbeda dengan protein yang terkandung dalam daging sapi. Walaupun daging sapi mengandung protein yang tinggi untuk perkembangan balita, ada dampat negatif yang mungkin terjadi jika anak ibu mengkonsumsi daging sapi.

Dengan demikian, apapun sumber protein yang ibu berikan, pastikan tidak mengandung protein casein serta whey yang jelas membuat anak ibu terkena alargi, entah dari makanan atau dari susu balita terbaik.

Cara Mencegah Alergi Terhadap Susu Balita

Tentu saja pertanyaan selanjutnya yang biasanya ditanyakan oleh ibu adalah apakah ada cara untuk mencegah terjadinya alergi terhadap susu balita. Ternyata ada. Dan caranya sangat mudah.

Salah satu cara mencegah anak terkena alergi adalah dengan memberikan full ASI setidaknya 4 bulan pertama. Akan lebih baik jika ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa tambahan susu formula merk apapun. Dengan cara ini, kemungkinan besar anak tidak akan alergi terhadap susu balita terbaik jika pada suatu saat nanti ibu memberikan susu balita.

Akan tetapi, jika anak ibu sudah mengalami alergi, ibu tetap saja memberikan ASI karena ASI akan menetralkan protein dalam susu yang dikonsumsi oleh balita ibu. Jika perlu, ibu juga bisa memberikan hypoallergenic formula, sebuah produk yang akan menghancurkan kandungan protein susu penyebab alergi.

Itulah informasi penting yang harus ibu ketahui tentang kandungan protein dalam susu formula terbaik. Jadi, tidak semua protein itu baik dan bisa diserap dengan baik oleh tubuh si kecil. Ada juga anak yang alergi terhadap protein. Untuk itu, sebagai orang tua, ibu harus memperhatikan betul-betul gejala-gejala yang mungkin terjadi setelah anak mengkonsumsi makanan tertentu atau setelah minum susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment