Wednesday, December 16, 2015

Tips Mendidik Anak agar Si Kecil Semakin Kreatif


tips mendidik anak
Friso Indonesia

Tips mendidik anak berikut ini akan membuat si kecil tumbuh menjadi anak yang kreatif. Harus dipahami bahwa pintar itu berbeda dengan kreatif. Bisa saja anak ibu memang lahir dikarunia dengan IQ yang tinggi, namun tidak kreatif karena kreatif itu membutuhkan pengembangan dari luar. Dalam hal ini, ibu sebagai orang tua berperan penting untuk menentukan kreatifitas anak.


Untuk itu, diperlukan beberapa cara agar menstimulus anak menjadi lebih kreatif. Apa saja cara tersebut?

Membuat Permainan Edukatif

Hal pertama yang mudah untuk ibu lakukan adalah mengajak si kecil untuk membuat permainan edukatif seperti membuat mewarnai, menggambar, berkebun di belakang rumah, dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak banyak orang tua yang mempraktekkan cara mendidik anak yang satu ini. Dengan adanya berbagai permainan yang secara mudah bisa mereka beli, maka para orang tua lebih memilih untuk membeli permainan daripada mengajak si kecil untuk bermain. Apalagi sekarang gadget dijual dengan harga yang murah. Dengan alasan banyak permainan kreatif yang bisa si kecil mainkan di gadget tersebut, mereka akhirnya membelikan mainan tersebut.

Alasan yang lain adalah tidak ada waktu untuk menciptakan mainan kreatif bersama sang buah hati. Memberikan gadget serta tidak adanya waktu untuk bermain bersama si kecil akan membuat mereka kecewa. Anak akan cenderung kurang kasih sayang dan kurang kreatif karena mereka hanya bermain dengan mainan yang sudah jadi.

Berlibur

Berapa kali dalam satu tahun ibu mengajak si kecil berlibur? Kemana saja biasanya mengajak si kecil berlibur? Dua pertanyaan ini penting sekali untuk dijawab. Namun, yang paling penting adalah pertanyaan yang kedua.

Sayangnya, banyak orang tua yang hanya mengajak si kecil untuk berlibur di taman bermain. Tentu saja tidak ada yang salah dengan taman bermain. Akan tetapi, akan lebih baik ibu mengenalkan kepada sang buah hati tentang orang-orang hebat dengan cara mengunjung museum, rumah salah satu toko terkenal, dan lain sebagainya. Tips mendidik anak yang satu ini akan menanamkan kepada si kecil bahwa ada orang hebat yang bisa ia tiru ketika ia dewasa nanti.

Tentu saja ibu bisa mengajak si kecil untuk bermain di taman bermain. Akan tetapi, ibu juga harus menyelakan waktu untuk mengajaknya mengunjungi tempat-tempat orang hebat atau museum.

Melatih Otak Kanan

Jika ibu menerapkan cara mendidik anak yang satu ini, berarti ibu harus stop memarahi anak jika ia tidak mendapatkan nilai bagus di sekolah. Stop juga menanyakan “apakah PR nya sudah dikerjakan?”

Akan lebih baik jika ibu menekankan pentingnya berkreasi sesuai dengan kesukaannya. Jika si kecil suka menyanyi, ibu bisa membelikan alat-alat untuk karaoke agar si kecil bisa berlatih menyanyi setiap hari di rumah. Bila perlu, ibu bisa memasukkan ke sanggar bernyanyi.

Jika si kecil suka melukis, ibu bisa datangkan guru lukis terbaik dan sering mengajak untuk mengunjungi pameran lukisan yang dibuat oleh pelukis hebat.

Sayangnya, di dalam sistem pendidikan saat ini, umumnya hanya menekankan pada sisi mengasah otak kiri saja. Jika ibu ingin anak ibu kreatif, maka temukan bakat mereka dan jangan hanya mendorong untuk meningkatkan kemampuan otak kiri. Porsi sekolah untuk mengasah kemampuan otak kiri sudah sangat cukup sekali dan bahkan mungkin berlebihan. Kini, ibu berperan untuk mengasah otak kanan.

Itulah beberapa tips yang bisa ibu lakukan agar anak semakin kreatif. Anak yang kreatif tidak mesti pandai di sekolah. Anak kreatif itu karena ia bahagia dalam proses mempelajari apa yang ia suka. Untuk mewujudkan hal tersebut, ibu bisa menerapkan tips mendidik anak.

No comments:

Post a Comment