Monday, December 21, 2015

Bingung Memilih Susu untuk Balita 1 Tahun?


susu balita
Friso Indonesia

Susu untuk balita yang masuk usia 1 tahun itu tidak mudah. Bagi ibu yang harus memiliki satu anak dan baru menginjak usia 1 tahun, memilihkan susu anak itu cukup membingungkan. Apalagi banyak sekali susu anak 1 tahun dengan berbagai merk. Semakin bingung ibu memilih mana susu balita yang terbaik.


Untuk itu, ibu harus mengerti kriteria susu balita yang baik itu seperti apa. Panduan berikut diharapkan membuat ibu tidak terlalu bingung memilih mana susu yang baik untuk balita itu. Ikuti pandungan berikut dan ibu akan menemukan susu formula terbaik untuk balita.

Pilih Rasanya

Terkadang ibu terlalu lama mempertimbangkan kandungan atau nutrisi yang ada di dalam susu sehingga ibu kehilangan banyak waktu. Dan akhirnya ibu semakin tidak yakin bahwa susu untuk balita yang ibu pilihkan itu yang terbaik.

Memang nutrisi itu penting untuk dijadikan pertimbangan. Akan tetapi, buat apa ibu memilihkan susu dengan nutrisi tinggi tapi si kecil tidak mau mengkonsumsi susu tersebut? Untuk itu, ibu harus memastikan balita ibu mau minum susu yang ibu pilihkan. Masalah nutrisi, hampir semua susu anak 1 tahun itu memiliki kandungan nutrisi yang sama. Jadi, sebenarnya ibu tidak perlu repot-repot membandingkan antara merk satu dengan merk yang lain.

Nutrisi pada Susu

Setelah menemukan rasa yang si kecil sukai, ibu harus mempertimbangkan masalah nutrisi. Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa kandungan nutrisi dalam susu ibu hampir sama, seperti AA dan DHA, Omega 3, vitamin, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ibu tidak perlu terlalu memusingkan masalah kandungan dalam susu.

Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak perlu memikirkan kandungan di dalam susu. Ada balita di mana kondisi kesehatannya membutuhkan jenis nutrisi yang lebih banyak. Untuk itu, ibu perlu berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu.

Yang paling penting adalah kandungan berupa probiotik. Probiotik inilah yang menentukan seberapa bagus sistem pencernaan tubuh untuk menyerap nutrisi dari susu dan makanan yang si kecil konsumsi. Jadi, pastikan susu untuk balita 1 tahun yang ibu pilih mengandung probiotik yang kadarnya sesuai saran dari ahli gizi balita.

Jenis Susunya

Setelah tahu rasa yang disukai oleh si kecil serta kandungan dalam susu, sebaiknya ibu juga mempertimbangkan jenis susu formula yang ada di pasaran. Setidaknya ada 3 jenis susu formula untuk balita.

-      Susu full cream. Susu ini mengandung lemak yang tinggi. Banyak pakar kesehatan balita yang tidak menyarankan memilih susu ini karena kandungan lemaknya yang tinggi yang bisa mengakibatkan obesitas

-      Susu bubuk. Ini merupakan susu balita yang sering dipilih oleh ibu-ibu. Susu ini lebih dikatakan sebagai susu terbaik untuk balita karena kandungannya yang tidak rusak walaupun setelah melewati proses pembuatan yang lumayan panjang.

-   Susu Formula Khusus. Susu balita yang satu ini diperuntukkan untuk balita yang membutuhkan nutrisi khusus. Susu formula ini biasanya sangat rendah lemak dan bahkan tidak mengandung lemak. Sementara itu, kandungan protein, kalsium, zat besi, dan omega 3 ditambah.



Itulah pandungan singkat bagaimana memilih susu untuk anak balita. Setidaknya, panduan tersebut mempermudah ibu memilih susu yang terbaik untuk balita. Jadi, ibu tidak perlu lagi bingung memilih susu formula. Pilih susu yang si kecil suka dan baik untuk kesehatan dan perkembangan si kecil. Itu inti dari susu balita. 

No comments:

Post a Comment