Thursday, December 17, 2015

Cara Mendidik Anak dari Rumah


cara mendidik anak
Friso Indonesia

Cara mendidik anak itu sangat mudah sekali. Dan ibu bisa mengajari anak ketika masih di dalam rumah. Kebanyakan orang tua menyerahkan tentang pendidikan sepenuhnya kepada pihak sekolah. Mulai dari kecil, si kecil dimasukkan ke sebuah lembaga pendidikan hingga dewasa nanti. Tujuannya tidak lain agar si kecil mendapatkan pendidikan yang terbaik.


Pemahaman tersebut ternyata salah besar. Pendidikan yang terbaik itu berasal dari rumah. Dan untuk mendidik anak sehingga menjadi pribadi yang baik, orang tua lah yang memegang peran yang sangat besar. 

Untuk itu, ibu sebagai orang tua harus tahu beberapa tips mendidik anak dari rumah berikut ini.

Mengajarkan Tanggungjawab

Sebelumnya, ibu harus pahami bahwa pendidikan yang paling penting itu bukan pendidikan formal yang diajarkan di lembaga pendidikan yang hanya terfokus pada sisi kognitif saja. Sebenarnya, pendidikan yang paling penting itu pendidikan tentang kepribadian. Karena pada dasarnya anak dilahirkan ke dunia ini untuk menjadi pribadi yang baik, bukan? Pintar atau tidak itu hanya bonus atau efek samping saja.

Untuk itu, agar si kecil tumbuh menjadi pribadi yang berkepribadian baik, maka ibu harus mengajarkan tentang tanggungjawab. Contoh kecilnya, ibu bisa mengajarkan agar si kecil mengerjakan pekerjaan kecil seperti membersihkan serta merapikan tempat tidur setiap pagi.

Jika anak ibu sudah cukup besar sekitar usia 3-4 tahun, mungkin ibu bisa mengajak si kecil ikut serta dalam beberapa kegiatan rumah lainnya seperti membersihkan rumah dan halaman. Itu menjadi cara mendidik anak yang tepat agar si kecil bertanggungjawab atas lingkungan di mana ia tinggal.

Mengajarkan Kreativitas

Mulai sekarang, buang jauh-jauh gadget dari rumah. Jika perlu, ibu harus “puasa” tidak bermain segala jenis gadget terutama handphone ketika bermain dengan si kecil. Hal ini sangat diperlukan agar anak tidak mengenal gadget. Bukan berarti apatis dengan gadget tapi fakta membuktikan bahwa anak yang sudah mengenal gadget cenderung lebih suka menyendiri, susah bersosialisasi, dan tidak kreatif. Mereka akan lebih senang bermain game di gadget daripada yang lain.

Ibu mulai dengan mengajarkan agar anak menjadi kreatif. Contoh sederhananya, ibu bisa mengajarkan bagaimana membuat mainan terbuat dari kertas. Atau ibu bisa mengajarkan bagaimana membuat manik-manik dari kertas. 

Bagaimana jika ibu tidak tahu? Mudah saja. ibu browsing di internet dan lihat tutorial yang berbentuk tulisan atau video tentang bagaimana cara membuat mainan kreatif dengan menggunakan barang yang ada di sekitar.

Dengan menerapkan tipsmendidik anak yang satu ini, si kecil akan bahagia dan lebih kreatif. Ia tidak akan tumbuh menjadi anak yang kecanduan dengan game yang membuat ia pasif. Itu yang paling penting.

Menyediakan Rak Buku

Hadiah apa yang ibu berikan ketika si kecil ulang tahun? Mungkin rak buku bisa menjadi alternatif. Rak buku ini seolah menjadi motivasi agar anak rajin membaca. Jadi, ibu akan membelikan buku baru setelah si kecil selesai membaca buku lainnya. Sehingga, aka nada banyak sekali buku yang terpampang di rak buku tersebut. Kebiasaan ini akan sangat bagus sekali sehingga ketika dewasa nanti, ibu tidak perlu memaksa si kecil untuk membaca. Karena itu sudah menanamkan budaya membaca sejak kecil.

Itulah beberapa tips mendidik sang buah hati yang bisa ibu terapkan. Yang jelas, satu hal yang harus digarisbawahi bahwa rumah merupakan tempat yang paling efektif untuk mengajarkan segala hal kepada anak. Jadi, sangat penting sekali menerapkan tips atau cara mendidik anak.

No comments:

Post a Comment