Wednesday, December 16, 2015

Perhatikan Pertumbuhan Balita dan Awasi Ketika Si Kecil Bermain Air


pertumbuhan balita
Friso Indonesia

Pertumbuhan balita tidak hanya tergantung pada makanan yang sehat serta susu formula terbaik yang mengandung nutrisi tinggi dan seimbang. Jika ibu perhatikan, balita yang sehat ini balita yang sering diajak beraktifitas. Jadi, selain gizi dari makanan dan minuman sehat, aktifitas setiap hari juga sangat mempengaruhi perkembangan si kecil.


Salah satu aktifitas yang mendukung tumbuh kembang balita adalah berenang. Hanya saja, ibu harus mengetahui fakta yang cukup mencengangkan. Menurut centers for Disease Control and Prevention 30% anak usia 1-4 tahun tenggelam ketika berenang dan akhirnya meninggal.

Namun, sebaiknya fakta tersebut tidak membuat ibu mengurungkan niat untuk mengajak si kecil berenang. Ibu hanya perlu mengetahui bagaimana cara mengantisipasi hal buruk tersebut terjadi pada si kecil. 

Yang jelas, berenang merupakan aktifitas yang bagus untuk perkembangan tubuh balita. Bahkan, ketika masih berusia di bawah 1 tahun, ibu disarankan mengajak si kecil berenang di sebuah kolam renang. Dengan memasukkan bayi ke dalam kolam renang, sistem motoriknya akan bekerja. Ia akan mulai menggerakkan tangan dan kakinya. 

Sementara itu, ketika si buah hati sudah balita, berenang bisa menjadi aktifitas bagus untuk pertumbuhan balita. Berenang akan memperkuat tulang si kecil. Hanya saja, karena ada fakta yang cukup mengerikan di atas, maka ibu harus berhati-hati jika mengajak si kecil berenang.

-        Pilih Kolam yang Dangkal
Yang paling penting adalah pastikan ibu memilih kolam yang paling dangkal. Hanya saja, ibu tidak boleh menyepelakan kolam dangkal ini. Ibu harus tetap memperhatikan si kecil karena ada kemungkinan si kecil terpeleset sehingga tercebur dan tenggelam.

-        Ikut Berenang
Walaupun ibu sudah memilihkan kolam renang yang dangkal, sebaiknya ibu tetap mengawasinya. Bahkan disarankan ibu ikut menemani si kecil untuk berenang. Selain agar ia lebih bersemangat, cara ini merupakan cara preventif yang paling efektif agar tidak terjadi hal-hal buruk yang tidak ibu inginkan.

-        Simpan Alat Elektronik
Jika ibu berenang di kolam renang rumah, sebaiknya semua alat elektronik ibu jauhkan dari kolam renang. Dikhawatirkan alat elektronik tersebut menghantarkan listrik sehingga si kecil akan tersetrum.

Tentu cara-cara tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan. Jadi, jika ibu merasa penting sekali memperhatikan tumbuh kembang balita ibu, maka sebaiknya ibu lebih sering mengajak si kecil untuk berenang. Hanya saja, ibu juga harus ikut berenang dalam rangka mengawasi kegiatan berenang si kecil.

Manfaat Kegiatan Berenang bagi Balita

Agar ibu lebih bersemangat untuk mengajak si kecil berenang, ibu harus tahu beberapa manfaat berenang bagi balita.

Berenang akan membuat si kecil percaya diri dan berani. Tentu saja hal ini penting sekali bagi balita, bukan? Namun, yang paling penting adalah bahwa berenang bisa memperkuat otot dan tulang si kecil. Bahkan, jika ibu ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang tinggi, maka rajinlah mengajaknya untuk berenang. Pasalnya, berenang akan menstimulasi perkembangan tulang agar tumbuh lebih cepat.

Berenang juga bisa ibu jadikan sebagai ajang di mana si kecil bisa bersosialisasi. Itulah mengapa sebaiknya ibu mengajak berenang di kolam umum agar si kecil bisa bertemu dengan banyak orang lainnya.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu yakin pentingnya si kecil berenang. Yang jelas, aktifitas ini sangat baik bagi perkembangan balita.

No comments:

Post a Comment