Tuesday, December 22, 2015

Si Kecil Alergi Susu Balita Terbaik? Jangan Anggap Remeh

susu balita terbaik
Friso Indonesia


Susu balita terbaik tidak selalu memberikan yang terbaik. Pada beberapa kasus, anak yang mengkonsumsi susu formula justru mengalami gangguan kesehatan. Oleh para ahli medis, gangguan tersebut sering disebut dengan alergi susu formula. Lalu apa tindakan ibu sebagai orang tua?


Kebanyakan masyarakat awam menganggap alergi terhadap susu formula terbaik itu hal yang biasa-biasa saja. Mereka hanya butuh mengganti susu formula yang tidak membuat si kecil alergi. Semudah itukah yang ibu lakukan?

Jika Anda mengetahui fakta kesehatan bahwa alergi juga bisa kondisi anak sangat buruk, maka Anda tidak akan main-main untuk mendapatkan susu balita terbaik untuk sang buah hati.

Kondisi Paling Buruk Jika Si Kecil Alergi Susu Formula.

Mungkin ibu hanya menganggap alergi terhadap susu formula tidak mengakibatkan hal yang fatal, melainkah hanya sekedar tanda-tanda alergi seperti bintik-bintik pada kulit, diare, hidung berair, dan batuk.

Memang itu adalah tanda-tanda anak terkena alergi susu balita terbaik. Akan tetapi, ibu harus tahu ada bahaya kesehatan yang mengancam si kecil, yaitu anaphylaxis. Ini merupakan kondisi di mana terdapat penyempitan pada jalan nafas sehingga anak yang terkena alergi susu formula akan mengalami sesak nafas. Bagi sebagian besar masyarakat, sesak nafas pada anak itu hal yang biasa. Padahal, jika memang sesak nafas tersebut dikarenakan anaphylaxis, maka ada resiko anak ibu akan meninggal.

Anaphylaxis membuat saluran pernafasan menyempit. Menyempitkan saluran pernafasan tersebut membuat udara tidak bisa leluasa keluar dan masuk ke dalam tubuh. Jika hal tersebut dibiarkan, maka bukan tidak mungkin kondisi kesehatan si kecil akan semakin buruk. Bahkan, keadaan ini juga bisa membuat si kecil sama sekali tidak bisa bernafas dan akhirnya meninggal.

Oleh sebab itu, ibu tidak boleh meremehkan jika anak ibu alergi terhadap susu balita terbaik. Jangan hanya termakan oleh iklan atau label “terbaik”. Ibu juga harus bijak memilih susu yang memang terbaik untuk balita.

Saran untuk Para Ibu

Setelah mengetahui betapa berbahayanya alergi terhadap susu formula, maka alangkah baiknya ibu menjalankan beberapa saran berikut ini. Yang pertama, konsultasikan dengan dokter anak sebelum memilihkan susu formula untuk balita ibu. Konsultasi ini tidak hanya bertanya saja susu apa yang terbaik untuk balita. Konsultasi juga meliputi pengecekan kondisi kesehatan si kecil. Dengan mengetahui kesehatan balita, maka dokter akan mengetahui susu yang terbaik untuk si kecil itu apa, apakah yang mengandung protein tinggi, kalsium, atau yang lain. Rekomendasi tersebut akan diberikan sesuai dengan kebutuhan tubuh si kecil.

Selain itu, ibu juga harus memperhatikan kandungan di dalam susu formula. Pasalnya, kebanyakan susu formula terbaik memiliki kandungan yang sama, namun kadarnya berbeda. Sebaiknya juga ibu memilihkan susu balita terbaik yang tidak mengandung gula berlebihan. Memang hampir semua susu formula mengandung gula. Namun, sebaiknya ibu memilih susu balita yang kadar gulanya sedikit. Ibu juga bisa mencari informasi tentang berapa kadar gula yang boleh diberikan kepada balita.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu ketahui tentang susu balita. Semoga informasi ini bermanfaat. Yang pasti, jika ada perubahan yang terjadi pada si kecil setelah mengkonsumsi susu balita, maka sebaiknya ibu segera hentikan pemberian susu dan segera konsultasi dengan dokter anak. Ibu bisa minta saran agar ibu bisa mengganti susu tersebut dengan susu balita terbaik.


No comments:

Post a Comment