Friday, December 11, 2015

Lakukan Hal Berikut dan Lihat Tumbuh Kembang Balita Ibu Luar Biasa

tumbuh kembang balita
Friso Indonesia


Tumbuh kembang balita terkadang membuat ibu cemas, khawatir, dan selalu bertanya-tanya apakah tumbuh kembang si buah hati normal atau ada yang salah dengan tumbuh kembangnya. Perasaan tersebut sangat wajar dirasakan oleh ibu-ibu karena rasa sayangnya kepada si kecil sehingga mereka tidak ingin suatu yang buruk terjadi, apalagi mempengaruhi perkembangan si kecil.


Untuk itu, ibu harus tahu apa saja yang harus ibu lakukan untuk mamastikan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan perkembangan balita. Dengan melakukan hal berikut ini, ibu akan melihat perkembangan anak ibu akan sangat luar biasa.

  1. Menjauhkan dari Berbagai Jenis Gadget
Gadget mungkin dianggap sepela. Bahkan, orang tua sering memberikan gadget dengan alasan agar si kecil sejak dini melek teknologi. Ternyata itu salah besar. Bahkan seorang pendiri Apple, Steve Jobs sangat membatasi anaknya bermain gadget. Alasannya, agar anak bisa menikmati masa kanak-kanaknya dan tidak tergantung pada teknologi.
Bagaimana dengan ibu? Seorang Steve Job saja menerapkan aturan tersebut mengapa ibu tidak?
Bahkan, ada baiknya ketika ibu sedang menyusui tidak memaikan handphone. Hal tersebut sebagai langkah yang tepat untuk menjauhkan si kecil dari gadget.

  1. Sering Mengajak Bertamsya
Tips untuk tumbuh kembang balita yang satu ini erat kaitannya dengan tips sebelumnya. Bagi balita yang sudah familiar dengan mainan gadget, maka bukan tidak mungkin mereka akan kecanduan. Hal yang paling buruk adalah balita tersebut akan susah bersosialisasi dengan orang lain.
Lain hal jika ibu sering mengajak si kecil jalan dan bertamasya. Kegiatan ini akan membuat anak ibu mengenal hal-hal baru, teman baru, orang baru, dan sekaligus melatih si kecil untuk bersosialisasi dengan lingkungan.

  1. Membacakan Buku Cerita
Apa saja manfaat dari membacakan buku cerita? Banyak sekali. Selain mempermudah proses belajar berbicara dan membaca sang anak, membacakan buku cerita juga akan melatih empati si kecil. Di dalam sebuah cerita, pasti ada cerita yang mengundah rasa sedih, haru, dan lain sebagainya sehingga ketajaman perasaan si kecil akan diolah.
Selain itu, membacakan buku cerita juga sebagai cara terbaik untuk menanamkan nilai-nilai baik dalam kehidupan. Psikolog anak menyarankan jika ibu membacakan buku cerita, sebaiknya dilakukan ketika si kecil akan tidur. Ketika si kecil sudah mulai terlelap, ibu memberikan nasehat yang baik sesuai dengan cerita yang ibu bacakan. Hal tersebut ternyata akan disimpan oleh memori si kecil dan akan membekas di kehidupan ketika sudah dewasa nanti.

  1. Memberikan Susu Pertumbuhan Balita
Ada banyak sekali jenis susu balita yang bisa ibu pilih. Akan tetapi, pastikan susu tersebut mengandung nutrisi yang baik bagi perkembangan si kecil, terutama prebiotik yang sangat berpengaruh pada bagaimana tubuh si kecil menyerap nutrisi yang ia dapatkan dari minuman serta makanan yang ia konsumsi.
Dan yang pasti, susu tersebut diterima oleh sistem pencernaan si kecil. Hal ini dikarenakan banyak anak yang justru muntah dan diare setelah mengkonsumsi susu. Itu tandanya balita tidak bisa mencerna susu tersebut. Sebaiknya ibu menggantinya dengan susu balita terbaik lainnya.

Jika ibu melakukan hal-hal tersebut di atas, maka ibu tidak perlu khawatir tentang tumbuh kembang anak. Satu hal yang menjadi catatan bahwa kehadiran ibu di setiap kesempatan sangat diperlukan untuk tumbuh kembang balita.

No comments:

Post a Comment