Wednesday, December 2, 2015

Cara Mendidik Anak agar Tidak Manja


cara mendidik anak
Friso Indonesia

Cara tepat mendidik anak  itu gampang-gampang susah. Kenapa demikian? Karena seolah hanya ada sekat yang sangat tipis antara menyayangi dengan memanjakan. Ibu memberi mainan  baru bisa jadi menjadi wujud rasa sayang ibu terhadap sang buah hati, tapi juga bisa jadi memanjakannya.


Untuk itu, ibu harus tahu batasan antara menyayangi dengan memanjakan. Tentu saja ibu tahu memanjakan anak akan berakibat buruk bagi perkembangannya, bukan? Setidaknya ibu harus bijak dalam memberikan kasih sayang agar tidak berubah menjadi memanjakan.

Seperti contoh, ibu harus mengajarkan jika anak ingin mendapatkan sesuatu, ibu bisa meminta anak untuk melakukan sesuatu terlebih dahulu. Bukan berarti ibu meminta anak untuk bekerja, tapi mengajarkan sejak dini bahwa hasil itu selalu diawali dengan usaha. 

Jika anak ibu mengingikan mainan baru misalnya, ibu bisa meminta anak ibu untuk berdoa kepada Tuhan agar Tuhan memberikan rejeki kepada ibu dan bisa membelikan mainan baru. Cara ini selain bersifat usaha juga mengenalkan anak kepada Tuhan.


Jika anak ibu sudah sudah berusia 3 tahun ke atas, ibu bisa meminta anak untuk merapikan tempat tidur setelah bangun tidur dan imbalannya adalah mainan baru. Akan tetapi, pastikan anak ibu merapikan tempat tidak setiap pagi. Jadi, dengan cara tersebut, ibu tidak akan membuat anak tumbuh sebagai anak yang manja. Ibu juga harus lebih kreatif dalam mempraktekkan cara mendidik anak.

No comments:

Post a Comment