Sunday, December 13, 2015

Masih Sering Ngompol, Mungkin Ada yang Salah Dengan Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun

tumbuh kembang anak
Tumbuh Kembang Anak


Tumbuh kembang anak usia 3 tahun itu harus sangat diperhatikan. Pada usia ini, anak seharusnya sudah bisa nalar dan sudah bisa berinteraksi dengan orang lain. Anak pada usia ini sudah bisa meminta tolong dan lain sebagainya.


Hanya saja, jika si kecil masih sering ngomopol, tentu saja ada yang harus ibu lakukan. Kebiasaan ngompol itu akan susah ditangani jika usia anak semakin dewasa. Untuk itu, apa yang harus ibu lakukan?

Pertama, ibu harus mulai membiasakan anak untuk buang air kecil sebelum tidur. Pasalnya, di malam hari, paling sering sekali anak akan mengompol. Dan pastikan ibu tidak memberikan susu formula sebelum tidur. Sebaiknya, jauh sebelum anak mau tidur, ibu memberinya susu agar ketika tidur mengompol.

Akan tetapi, itu hanyalah langkah antisipasi saja. Tentu saja yang paling penting adalah mengajarkan anak untuk bisa memberitahu kepada ibu ketika ingin buang air kencing. Oleh karena itu, ibu tidak boleh bosan untuk mengingatkan anak agar memberitahukan ketika ingin buang air kecil.

Satu hal yang harus ibu pahami, jangan mempermalukan akan di depan orang lain. Sayangnya, ini yang sering dilakukan. Ibu-ibu tidak sadar bahwa hal tersebut justru akan mengurangi keberhasilan ibu dalam mendidik anak supaya mau memberitahu ketika ingin kecing.


Beberapa hal tentang tumbuh kembang anak  memang harus ibu pelajari dari ahli perkembangan anak. Ibu harus meluangkan waktu mengupdate informasi terbaru tentang tumbuh kembangnya, terutama perkembangan anak usia 3 tahun.

No comments:

Post a Comment