Sunday, December 13, 2015

Percaya Atau Tidak, Inilah Fakta tentang Gizi Balita di Indonesia


Friso Indonesia


Gizi balita di beberapa daerah terpencil di Indonesia menjadi sorotan sampai saat ini. Hal ini menunjukkan kesehatan balita masih menjadi masalah yang krusial. Dari data Dinas Kesehatan Provinsi NTT, dalam lima bulan terakhir, ada 11 balita yang meninggal karena gizi buruk. Data ini diungkap pada bulan Mei 2015.


Kenyataan ini memang benar adanya. Itulah mengapa pemerintah sedang menggalakkan pentingnya menjaga kesehatan balita. Beberapa fasilitas kesehatan gratis jika mengikuti peraturan pemerintah. Tenaga medis di desa disiapkan seperti bidan serta dokter ditugaskan di setiap puskesmas. Tidak lain adalah agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan optimal.

Diharapkan, dengan biaya kesehatan yang murah dan bahkan ada yang gratis tersebut masyarakat tergerak untuk memberikan makanan yang bergizi untuk balita. Selain itu, yang terpenting adalah memberikan susu anak terbaik. Kampanye untuk memberikan susu balita memang belum berjalan seperti yang diharapkan. Kebanyakan ibu menstop memberikan susu ketika anak sudah dewasa dan mau minum berbagai jenis minuman dan mengkonsumsi makanan. Bagi mereka, susu hanya untuk bayi saja.


Anggapan yang salah tersebut harus diluruskan. Ibu-ibu di Indonesia terutama di daerah pedesaan harus diedukasi pentingnya memberikan susu, tidak hanya waktu masih bayi tapi ketika anak tumbuh dewasa. Dengan harapan, tidak ada lagi masalah yang muncul mengenai gizi balita.

No comments:

Post a Comment