Sunday, December 13, 2015

Cara Mendidik Anak yang Salah Namun Sering Dilakukan

cara mendidik anak
Friso Indonesia


Cara mendidik anak sudah yakin benar? Coba jawab pertanyaan ini? Bagaimana agar anak ibu makan dengan lahap dan cepat? Tentu ibu punya banyak cara karena mungkin sudah membaca tips cara membuat anak makan lahap.


Sayangnya, apa yang ibu lakukan agar anak lahap ketika makan itu sia-sia. Bahkan, cenderung tidak baik jika ibu “memaksa” anak untuk makan cepat atau bahasa jawanya “telap-telep”.

Banyak sekali ibu yang tidak sabar ketika menyuapi si kecil apalagi ketika si kecil sering tidak langsung mengunyah makanan. Ia mendiamkan dulu makanan di dalam mulut. Bahkan, ada yang menanggap anak tersebut kurang sehat karena tidak terlalu doyan makan. Anggapan tersebutlah yang membuat ibu-ibu rajin mencari tahu tips agar anak doyan makan dan “telap-telep” (makan cepat).

Padahal, apa yang ibu lakukan itu salah. Sebenarnya, balita itu memiliki naluri yang benar dalam mengkonsumsi makanan. Ketika si kecil mengemut makanan, itu berarti balita merasa makanan tersebut belum siap untuk ditelan dan dicerna oleh sistem pencernaannya. Menurut Dr Hiromi Shinya, seorang dokter dan juga peneliti dari Jepang, balita membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna makanan di dalam mulut.  Namun, jika ibu memaksa anak untuk segera mengunyah dan menelan makanan, menurut Dr Hiromi, hal tersebut akan menggangu lambungnya ketika dewasa nanti.


Tentu saja semua ibu tidak ingin tumbuh kembang anak terganggu, bukan? Jadi, mulai sekarang, jangan paksa anak untuk makan cepat. Cari tahu juga informasi yang dapat dipercaya mengenai cara mendidik anak.

No comments:

Post a Comment