Friso Indonesia |
Susu terbaik untuk balita semakin banyak di pasaran. Setiap produsen juga
berusaha sekuat tenaga untuk mempromosikan produk mereka sebagai produk susu
formula terbaik. Mereka menggelontorkan dana untuk membangun awareness pada masyarakat bahwa produk
susu mereka lah yang terbaik. Mereka menggunakan segala jenis media seperti
media televisi, media internet, dan lain sebagainya untuk mewujudkan tujuan
tersebut. Selain itu, berbagai jenis event
juga digelar agar promosi mereka semakin efektif.
Di sisi lain, ibu yang diposisikan sebagai konsumen justru
semakin bingung untuk menentukan mana susu balita terbaik untuk si kecil. Berbagai media mempromosikan produk susu
balita dan menyatakan sebagai produk terbaik.
Dari sudut pandang produsen susu, jelas iklan tersebut
sangat penting. Setidaknya, dengan adanya iklan tersebut, brand awareness akan terbangun sehingga mereka bisa secara mudah
menjual produk tersebut ke masyarakat. Lalu, apa untungnya gempuran atau promosi
susu balita tersebut dari segi masyarakat?
Mengerti Secara Objektif
Salah satu keuntungan dari dibombardirnya iklan susu balita terbaik adalah terbukanya
pengetahuan masyarakat tentang kriteria susu terbaik untuk si kecil. Mereka
tidak hanya secara otomatis menerima iklan tersebut, namun mereka mempelajari
nutrisi yang terkandung di dalam susu tersebut. Masyarakat akan semakin
objektif menilai susu mana yang terbaik.
Untuk menggaet konsumen, produsen membuat iklan dengan cara
mengedukasi masyarakat tentang kandungan penting di dalam susu balita, tidak hanya mengatakan bahwa produknya lah yang
terbaik. Oleh karena itu, dengan adanya iklan yang jumlahnya banyak tersebut,
masyarkat akan semakin pintar dan objektif menilai susu mana yang terbaik untuk
balita.
Harga yang Kompetitif
Dengan adanya banyak susu formula terbaik yang diiklankan di
televisi, maka sangat sulit bagi perusahaan atau produsen susu untuk menjual
produknya dengan harga yang mahal. Mereka paham bahwa masyarakat sudah
teredukasi dengan baik. Masyarakat tidak semerta-merta menganggap susu yang
terbaik itu harganya mahal.
Di sisi lain, produsen juga akan berpikir ulang jika
membrandrol produk dengan harga yang jauh lebih mahal daripada produk
kompetitor. Secara otomatis, masyarakatlah yang diuntungkan. Masyarakat akan
mendapatkan tawaran produk terbaik dengan harga yang tidak mahal karena setiap
produsen susu terbaik untuk balita
berusaha untuk menggaet konsumen sebanyak mungkin.
Inovasi
Bukan tidak mungkin jika kompetisi antar produsen susu
semakin ketat, maka produsen akan berinovasi untuk mendapatkan konsumen. Mereka
merebutkan konsumen sehingga hal baru yang membuat konsumen memilih dan loyal
terhadap produk tersebut harus dilakukan.
Dapat dilihat sekarang bahwa setiap produsen tidak hanya
mempromosikan produk dengan menjelaskan nutrisi baik yang terkandung di
dalamnya karena pada dasarnya nutrisi dalam setiap susu balita itu hampir sama. Mereka lebih menekankan pada pemberian
sesuatu hal atau layanan yang lebih seperti konsultasi online gratis dengan
pakar kesehatan balita, memberikan hadiah, dan lain sebagainya.
Jadi, apa untungnya gempuran iklan susu balita terbaik? Tentu saja banyak keuntungan yang didapatkan
oleh masyarakat. Yang pasti, susu balita yang terbaik itu bukan karena iklannya
yang bagus atau iklannya yang meyakinkan, tapi bagaimana ibu memahami apa yang
diberikan dari susu formula tersebut. Apakah sistem pencernaan si kecil bisa
menerima susu tersebut atau jangan-jangan membuat si kecil alergi. Pertanyaan
tersebut harus ditanyakan jika ibu ingin mengetahui apakah benar ibu sudah
memilih susu terbaik untuk balita.
No comments:
Post a Comment