Wednesday, December 2, 2015

Perlukah ke Dokter Anak untuk Mengetahui Normal atau Tidak Tumbuh Kembang Balita?


tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita itu murni tanggungjawab ibu sebagai orang tua. Mulai si kecil lahir di dunia, ibu sebagai orang tua memiliki peran yang penting dalam perkembangan balita. Untuk itulah orang tua yang baik tidak mau balita mereka tumbuh tidak normal. Mereka pasti memberikan yang terbaik mulai dari susu balita terbaik  dan juga makanan dengan kandungan nutrisi terbaik.


Upaya maksimal sudah ibu lakukan. Lalu bagaimana ibu tahu perkembangan balita baik? Apakah ibu harus berkonsultasi dengan dokter spesialis anak? Bagi orang tua yang baru memiliki anak pertama, rasa was-was pasti ada, khawatir kalau ada yang yang salah dengan tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, mereka akhir datang ke dokter untuk berkonsultasi.

Sebenarnya, konsultasi dengan dokter spesialis anak itu diperlukan. Hanya saja jika tidak ada hal yang mencurigakan dengan tumbuh kembang si kecil, maka hal tersebut tidak perlu ibu lakukan. Ibu bisa melihat bagaimana perkembangan si kecil berdasarkan usianya. Jika si kecil sudah berusia 1 tahun atau sudah masuk masa balita, maka pada tahap ini buah hati ibu sudah mulai belajar berjalan.

Selain itu, si kecil sudah belajar mengucapkan satu atau dua patah kata walaupun pengucapannya tidak sempurna. Jadi, sebenarnya ibu bisa tahu sendiri normal atau tidak tumbuh kembang balita.

No comments:

Post a Comment