Thursday, December 3, 2015

Percuma Memberikan Susu Balita Terbaik untuk Si Kecil


susu balita terbaik
Susu Balita Terbaik

Susu terbaik untuk balita itu memang tidak sebaik ASI atau air susu ibu. ASI masih yang terbaik. Hanya saja, untuk menambah nutrisi si kecil dan ketika dalam keadaan tertentu, maka ibu membutuhkan susu balita.


Kandungan nutrisi yang ada di dalam susu dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk pertumbuhan. Hanya saja, ada beberapa kesalahan kecil yang membuat percuma saja memberikan susu formula terbaik. Tidak peduli harganya berapa, memberikan susu formula akan sia-sia saja jika melakukan kesalahan kecil berikut. 

Cara Penyajian yang Salah

Bagaimana ibu menyajikan susu untuk balita ibu? Apakah dalam keadaan hangat atau dingin? Tentu saja jawabannya hangat karena susu formula yang hangat akan sama seperti ASI.

Namun, pertanyaan selanjutnya bagaimana ibu menyajikan susu balita hangat tersebut? Kebanyakan susu balita terbaik disajikan dengan cara menuangkan susu ke dalam botol terlebih dahulu baru kemudian air panas dan ditambah air dingin. Apakah ibu juga melakukan hal yang sama?

Jika ya, ibu sebaiknya tidak melakukan cara itu lagi. Pasalnya, menuangkan air panas langsung ke dalam botol yang sudah ada susu formulanya akan membuat kandungan dalam susu tersebut seperti protein, kalsium, dan lain sebagainya akan hancur. Sehingga, seberapa banyak pun ibu memberikan susu formula kepada si kecil akan sia-sia saja. Hal ini dikarenakan kandungan dalam susu sudah hancur.

Cara penyajian yang tepat itu sebagai berikut. Awalnya, ibu tuangkan air panas ke dalam botol kemudian tambahkan air dingin agar air menjadi hangat. Baru setelah itu masukkan susu formula ke dalam botol. Dengan cara ini, kandungan yang ada di dalam susu formula terbaik tetap utuh.

Pengaruh Terhadap Perkembangan Balita

Ibu sudah tahu cara penyajian yang salah bisa merusak kandungan dalam susu. Lalu, apakah ada pengaruhnya terhadap tumbuh kembang balita? Tentu saja ada. Ibu bisa lihat beberapa kasus di mana balita sudah rutin mengkonsumsi susu namun tubuhnya kurus terlihat kurang sehat. Ada kemungkinan nutrisi yang ada di dalam susu hacur akibat cara penyajiannya yang salah. 

Tentu saja ini bukan menjadi satu-satunya faktor kenapa balita tersebut kurus. Mungkin juga karena kandungan nutrisi di dalam susu tidak bisa diserap oleh tubuh karena sistem penceranaannya yang kurang berfungsi dengan baik.

Terlepas dari itu, ibu harus mulai menggunakan cara penyajian yang tidak merusak kandungan dalam susu. Hal tersebut penting agar nutrisi yang terkandung dalam susu bisa benar-benar dimanfaatkan oleh tubuh.

Perkembangan Balita dan Stimulus dari Luar

Setelah mengerti bagaimana menyajikan susu balita terbaik yang benar, maka bisa disimpulkan pentingnya susu balita karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan si kecil. 

Namun, harus digarisbawahi bahwa susu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Faktor dari luar jelas memiliki peran yang sangat signifikan. Ibu bisa membaca artikel tentang pengaruh stimulus luar terhadap tumbuh kembang balita. Beberapa perkembangan balita mulai dari belajar jalan dan belajar bicara sangat dipengaruhi oleh stimulus dari luar. Bahkan, kebanyakan balita terlambat berbicara dikarenakan kurangnya stimulus dari luar. Itulah penting mengetahui cara mendidik anak.

Jadi, dua hal antara susu dan stimulus dari luar harus seimbang. Hal ini mutlak diperlukan agar tumbuh kembang si kecil bisa optimal. Dan yang jelas, ibu harus pastikan memberikan yang paling bagus dalam hal apapun. Luangkan waktu untuk si kecil untuk berinteraksi selain juga memberikan susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment