Tuesday, December 8, 2015

Jangan Terkecoh dengan Tanggal Kadaluarsa Susu Balita Terbaik


susu balita terbaik
Friso Indonesia

Susu terbaik untuk balita itu bisa berubah menjadi racun jika ibu memilih susu yang sudah kadaluarsa. Untuk itu, ibu harus memperhatikan tanggal expired produk susu yang ibu berikan kepada si kecil. Apakah masih lama atau hampir kadaluarsa. Jika sudah kadaluarsa, sudah dipastikan susu tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.


Akan tetapi, tanggal kadaluarsa tidak bisa dijadikan jaminan bahwa susu yang ibu beli itu masih layak dikonsumsi. Ada juga susu yang sudah basi walaupun belum sampai pada tanggal kadaluarsa.

Untuk itu, ibu harus lebih cerdas meneliti susu balita terbaik yang ingin ibu berikan kepada si kecil. Tentu saja ibu tidak boleh hanya melihat tanggal expired nya saja lantaran ada faktor lain yang membuat susu formula basi seperti cuaca.

Jadi, apa saja yang perlu ibu perhatikan untuk memastikan susu formula yang ibu beli belum basi selain hanya melihat tanggal kadaluarsanya? Berikut informasi selengkapnya.

Bau Susu Formula

Memang ibu harus membeli susu tersebut baru meneliti apakah susu tersebut sudah basi atau belum. Mengecek tanggal kadaluarsa hanyalah cara paling pertama saja. Sementara itu, cara selanjutnya adalah mencium bau susu.

Buka bungkus susu dan ibu cium bau susu yang sudah ibu beli. Susu balita terbaik yang belum basi tidak mengeluarkan aroma. Sementara itu, susu formula yang sudah basi biasanya mengeluarkan aroma yang sangat menyengat. Jika tercium aroma yang menyengat, ibu pantas menaruh kecurigaan bahwa susu yang ibu beli tersebut sudah basi.

Akan tetapi, satu hal yang harus dipahami bahwa ada juga susu balita  yang mengeluarkan aroma. Hanya saja aromanya sangat segar dan bukan termasuk tanda-tanda susu tersebut basi.

Untuk mengetahu kadaluarsa atau tidak, mungkin susah sekali jika hanya memcium bau dari susu tersebut saja. Oleh karena itu, ibu juga harus mengecek dengan cara yang lain.

Warna Susu

Susu formula yang sudah basi itu bisa ditentukan dari warnanya. Jika warnanya sedikit lebih gelap atau berwarna kekuning-kuningan, maka susu tersebut kemungkinan sudah basi. Sementara itu, susu formula yang masih segar memiliki warna yang putih murni.

Untuk lebih jelas menilai warna susu yang ibu beli, tuangkan dulu beberapa sendok susu bubuk ke dalam gelas atau piring. Bawa ke luar rumah di bawah terik matahari agar ibu bisa melihat warnanya lebih jelas.

Tekstur Susu


Kriteria yang satu ini hanya berlaku pada susu kental manis, bukan susu bubuk. Jika ibu membeli susu kental manis dan teksturnya sangat kental, kemungkinan besar susu tersebut sudah basi. Susu kental manis yang masih segar jika dituangkan tidak terlalu kental.

Nah, sekarang ibu sudah tahu apa saja yang harus ibu perhatikan untuk menilai susu balita terbaik apakah masih segar atau sudah basi berdasarkan bau, warna, serta tekstur. Jadi, ibu tidak boleh hanya percaya pada tanggal kadaluarsa saja.

Sangat berbahaya sekali jika si kecil mengkonsumsi susu yang sudah basi. Gangguan pada sistem pencernaan balita menjadi salah satu efek buruk dari mengkonsumsi susu balita yang sudah basi. Diare, alergi kulit, dan gangguan kesehatan lainnya menjadi akibat dari susu formula basi.

Itulah mengapa penting sekali meneliti apakah susu formula masih segar atau sudah basi. Yang jelas, kebaikan susu itu hanya bisa didapatkan oleh si kecil jika susu balita terbaik masih segar.

No comments:

Post a Comment