Monday, December 7, 2015

Jawaban dari Pertanyaan “Susu Balita Terbaik Seperti Apa?”


susu balita terbaik
Friso Indonesia

Susu balita terbaik itu sebenarnya bukan susu dengan harga yang mahal. Ini harus dicatat oleh ibu-ibu di luar sana. Jadi, daripada cara susu yang malahnya selangit, lebih baik ibu cari tahu seperti apa susu yang terbaik untuk balita ibu. 

 

Pertanyaan ini terdengar sangat mudah dan banyak orang yang mengajakan pertanyaan tersebut. Kebanyakan orang akan menjawab dengan jawaban yang sama, atau setidaknya hampir mirip. Mereka akan menjawab dengan menjelaskan seputar nutrisi yang terkandung dalam susu balita. Bagi mereka, susu balita yang terbaik itu harus mengandung gizi yang bisa mencerdaskan otak bayi, tidak hanya membuat bayi sehat. Jawaban yang sangat biasa, bukan?
Sebenarnya, untuk menentukan susu formula terbaik atau tidak, sebaiknya ada kriteria yang harus dipenuhi.
  1. Balita Suka atau Tidak
Sepertinya, percuma saja ibu mengikuti apa anjuran teman atau saudara untuk memberikan susu formula tertentu jika balita ibu tidak suka dengan susu tersebut. Biasanya, balita tidak suka dengan rasanya. Ini bisa diatasi. Ibu bisa mencoba susu dengan rasa yang berbeda.
Hanya saja, ada balita yang benar-benar tidak suka dengan susu dengan merk tertentu. Walaupun ibu sudah mengganti berbagai rasa, tetap saja balita menolak mengkonsumsi susu tersebut. Apa itu juga disebut susu balita terbaik?
Itulah mengapa ketika ibu mulai memberikan susu formula, ibu sebaiknya membeli susu dengan bungkus kecil agar tidak mubadzir jika ternyata si kecil menolak. Atau, ibu bisa meminta susu balita milik tetangga. Jika balita ibu doyan, maka ibu bisa memberikan susu tersebut.
  1. Perhatikan Reaksinya
Apakah balita ibu tidak mengalami keluhan kesehatan apapun setelah mengkonsumsi susu balita yang ibu pilihkan? Biasanya, diare sering menjadi reaksi pertama ketika ibu memberikan susu balita. Itu wajar saja jika hanya terjadi sekitar 2-3 hari. Jika lebih dari 3 hari, balita ibu tetap saja diare setelah mengkonsumsi susu, ada kemungkinan sistem pencernaan balita ibu tidak bisa memproses kandungan gizi yang ada di dalam susu.
Ibu bisa mencoba memberikan susu formula yang lain yang nilai gizinya berbeda. Lihat kandungan gizi dari dua susu dengan merk berbeda. Coba ibu bandingkan dan lihat reaksinya.
  1. Rendah Gula
Ini yang paling penting. Apapun merk susu yang ibu berikan, susu balita terbaik itu memiliki kadar gula yang rendah. Yang menjadi isu sekarang ini adalah obesitas pada balita. Hal ini sangat serius lantaran obesitas atau kegemukan ketika masih balita bisa menimbulkan beberapa penyakit yang mengkhawatirkan di kemudian hari. Survey menunjukkan balita yang mengalami kegemukan rentan sekali terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung ketika ia sudah dewasa nanti.
Tentunya langkah bijak sekali jika ibu memastikan susu yang ibu berikan mengandung gula yang rendah. Atau bisa juga ibu memilih susu formula terbaik yang tidak mengandung gula. Itu akan lebih baik.
Orang Indonesia tidak terlalu concern dengan makanan yang mengandung gula. Hampir semua makanan nusantara mengandung gula yang cukup tinggi. Tidak mengejutkan jika jumlah orang yang mengalami masalah diabetes dan penyakit jantung semakin banyak. Tidak lain, hal tersebut dikarenakan konsumsi makanan yang tinggi gula.
Mulai sejak dini, ibu harus membiasakan balita mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak terlalu manis. Ibu bisa membelikan susu yang kandungan gulanya rendah atau bahkan no sugar. Itu adalah salah satu kriteria susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment