Monday, November 30, 2015

Jangan Mudah Tertipu dengan Iklan Susu Balita Terbaik



susu balita terbaik
Friso Indonesia

Susu balita terbaik terus dicari oleh ibu-ibu saat ini lantaran mereka ingin memastikan si kecil mendapatkan asupan gizi yang cukup dari susu tersebut. Sayangnya, tidak ada iklan susu yang mengatakan bahwa produknya tidak terbaik. Hampir semua iklan susu berbagai merk menjelaskan bahwa susu yang diiklankan merupakan susu balita yang terbaik.


Lalu, bagaimana ibu bisa memilih mana yang terbaik? Banyak orang yang menyarankan untuk melihat komposisi atau kandungan di dalam susu. Ada juga yang memberi saran agar ibu melihat brand merk tersebut. Tidak jarang juga yang memilih susu karena harganya. Harga selalu dikaitkan dengan kualitas yang bagus. Hal ini juga terjadi pada produk susu balita.

Bagaimana dengan ibu? Bagaimana ibu memilih susu balita terbaik untuk si kecil? 

Sebenarnya, harga atau nutrisi yang terkandung di dalam sebuah susu formula itu tidak bisa dijadikan satu-satunya faktor untuk menentukan bahwa susu formula itu terbaik atau tidak. Ketahui juga bagaimana respon tubuh si kecil setelah mengkonsumsi susu balita yang ibu pilih.

Untuk itu, perhatikan beberapa efek yang kurang menyenangkan yang sering muncul setelah si kecil mengkonsumsi susu formula.

Efek Minum Susu Formula

Memang susu formula terbaik itu mengandung nutrisi yang diperlukan untuk tubuh si kecil. Akan tetapi, tidak jarang juga susu tersebut justru memberikan efek yang kurang baik seperti diare, mual, dan lain sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, apakah ibu masih menganggap susu tersebut susu terbaik untuk balita ibu?

Tentu saja tidak, bukan? Pada dasarnya susu formula itu dibuat sesuai dengan anjuran ahli gizi anak. Akan tetapi, tidak semua anak menerima dengan baik karena kondisi kesehatan dan kondisi badan balita yang berbeda.

Selain itu, obesitas sering menjadi efek buruk dari minum susu formula. Ada perspektif yang diterima oleh masyarakat padahal perspektif tersebut salah menurut medis. Mereka menggap balita sehat itu balita yang memiliki tubuh yang gemuk. Untuk itulah mereka memberi asupan gizi dari susu balita terbaik.

Padahal, tubuh gemuk itu bukan ukuran sehat atau tidaknya balita. WHO (World Health Organization) sudah memberikan patokan berat badan ideal balita sesuai dengan usia. Jadi, sudah jelas bahwa tubuh yang gemuk itu tidak pasti sehat. 

Justru yang terjadi adalah ketika ibu ingin tubuh balita ibu gemuk, ibu memberikan susu formula dengan porsi yang banyak. Yang terjadi adalah kegemukan atau obesitas, yaitu berat badan di atas ideal.

Hal-hal tersebut di atas merupakan beberapa dari banyak sekali efek kurang baik yang ditimbulkan dari susu balita. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Konsultasi sebelum Memilih

Itulah mengapa ibu sangat disarankan agar konsultasi kesehatan balita terlebih dahulu sebelum memilih susu balita untuk sang buah hati. Dengan berkonsultasi, akan diketahui kesehatan balita sehingga bisa ditemukan susu dengan kandungan seperti apa yang diperlukan sang buah hati. Ada balita yang tidak butuh low sugar. Namun, ada juga balita yang membutuhkan glukosa. 

Yang jelas, setiap balita memiliki kondisi kesehatan yang berbeda sehingga tidak semua susu yang katanya terbaik itu benar-benar baik untuk si kecil. Ibu tidak boleh asal-asalan memlih susu karena susu yang ibu berikan sangat menentukan kesehatan si kecil. Jadi, masih tertipu dengan iklan susu balita terbaik?



No comments:

Post a Comment