Friday, November 6, 2015

Susu Balita Terbaik Tidak Membuat Alergi




Susu balita terbaik memiliki kandungan yang sesuai saran ahli gizi anak. Namun, pernahkah ibu mendengar adanya kasus balita terkena alergi? Kasus ini sering terjadi tertama ketika bayi masih pada usia 6 bulan sampai 1 tahun. Pada usia tersebut, bayi mulai membiasakan diri dengan asupan gizi lain selain ASI, yaitu MPASI (makanan pendamping ASI) dan juga susu formula. Lalu, jika terjadi alergi, apa yang harus ibu lakukan?



Kebanyakan ibu akan langsung mengganti susu formula yang diberikan kepada si kecil. Padahal, belum tentu alergi tersebut diakibatkan oleh susu yang dikonsumsi balita ibu. Oleh karena itu, sebaiknya ibu mengetahui dulu kenapa balita ibu bisa terkena alergi serta bagaimana penanganannya. Beriku ulasan selengkapnya.

Penyebab Balita Alergi
Yang perlu digarisbawahi adalah bukan hanya susu balita saja yang menjadi penyebab alergi pada si kecil. Jadi, ibu jangan terlalu cepat mengambil keputusan langsung mengganti dengan susu formula yang baru. Tindakan itu akan sia-sia saja jika ternyata bukan susu formula yang menjadi penyebab alergi pada si kecil.

Menurut ahli medis, alergi itu disebabkan oleh reaksi ketahanan tubuh balita yang berlebihan. Reaksi berlebihan ini dikarenakan allergen berikatan dengan sistem daya tahan tubuh si kecil. Walhasil, tubuh balita akan membuat reaksi kekebalan tubuh secara berlebihan.

Reaksi ini tentu dipengaruhi banyak hal seperti debu, serbuk sari dan termasuk terlalu banyak protein. Jika reaksi berlebihan ini dipicu oleh protein, ibu baru tahu permasalahannya ada pada asupan gizi. Ibu harus mulai memberikan makanan yang tidak terlalu tinggi mengandung protein.

Adakah kaitannya dengan susu balita terbaik? Tentu saja ada karena susu untuk balita mengandung protein juga. Bukan tidak mungkin protein pada susu balita tersebut terlalu banyak untuk ukuran balita ibu.

Untuk itu, para ahli medis sangat menyarankan agar tidak terlalu sering memberikan susu formula kapada balita. Ibu harus membuat jadwal pemberian susu formula agar balita ibu tidak terlalu banyak minum susu yang berakibat tingginya protein pada tubuh balita sehingga hal tersebut memicu munculnya alergi.

Bagaimana Cara Menangani Alergi Pada Balita
Ada beberapa cara untuk menangani alergi pada balita. Salah satunya adalah membuat jadwal pemberian susu formula kepada si kecil. Hal tersebut sangat diperlukan agar si kecil tidak terlalu banyak mengkonsumsi susu balita sehingga di dalam tubuh si kecil tidak ada nutrisi yang berlebihan seperti protein yang mengakibatkan alergi.

Dalam hal ini, ibu tidak boleh menyepelekan masalah alergi pada balita ini. Pasalnya, jika tidak mendapatkan penanganan secara langsung, bisa jadi alergi ini akan menimbulkan masalah lain yang lebih serius seperti gangguan pencernaan, masalah kulit balita, dan juga gangguan pernapasan. Oleh karena itu, segera melakukan sesuatu untuk mengangani alergi ini.

Selain membuat jadwal minum susu agar si kecil tidak terlalu banyak mengkonsumsi susu formula, ibu juga harus memperhatikan kadar nutrisi yang ada di dalam susu formula terbaik yang ibu pilih. Pastikan kandungan nutrisi dalam susu formula tersebut sesuai dengan anjuran ahli gizi balita. Sesuaikan juga susu formula yang ibu berikan dengan usia balita karena pada dasarnya kadar kandungan nutrisi pada susu formula itu berbeda sesuai dengan usia balita. 

Untuk balita yang sudah memasuki usia 3 tahun ke atas, ibu bisa memberikan susu Friso Gold 4 yang mengandung ALA, Vitamin A, Vitamin C, Zink, dan Zat Besi yang membuat susu ini susu terbaik balita.


No comments:

Post a Comment