Thursday, November 19, 2015

Solusi untuk Si Kecil yang Susah Minum Susu Balita Terbaik

Friso Indonesia


Susu balita terbaik belum tentu disukai. Ada juga balita yang menolak mengkonsumsi susu. Lalu, apa tindakan ibu jika si kecil tidak mau minum susu?


Sebagian besar ibu akan mengganti dengan susu formula yang lain. Ibu juga pasti berpikir demikian. Padahal, ada juga alasan lain kenapa balita mogok minum susu. Bisa jadi karena ada gangguan di dalam mulut.

Untuk itu, ibu tidak boleh terburu-buru mengganti susu formula yang biasa ibu berikan. Cari tahu dulu apa penyebabnya baru kemudian ibu bisa menemukan solusinya.

Lalu, bagaimana jika si kecil benar-benar tidak mau minum susu? Padahal balita membutuhkan nutrisi yang penting bagi perkembangannya. Untuk itu, peran ibu sangat penting agar si kecil mau mengkonsumsi susu lagi. Berikut tips yang bisa ibu lakukan jika si kecil mogok minum susu untuk balita.

Bawa Jalan-Jalan si Kecil

Balita sudah menyadari bahwa dunia ini sangat luas. Ia tidak hanya tinggal di dalam rumah atau bahkan kamar saja. Pada masa tersebut, balita mulai mengeksplorasi dan mencari tahu hal-hal yang baru.

Ada kemungkinan jika balita ibu susah dan bahkan tidak mau minum susu dikarenakan ia merasa jenuh karena hanya di dalam ruangan saja. Ibu bisa mengajak jalan-jalan ke tempat yang baru agar balita ibu tahu hal-hal baru. Ketertarikan akan membuat mood balita ibu kembali lagi sehingga sedikit demi sedikit balita ibu akan mulai mau mengkonsumsi susu balita terbaik lagi.

Sambil Bermain

Apakah balita ibu sudah mulai belajar berjalan? Sebenarnya, bayi yang sudah mulai belajar merangkak dan bahkan berjalan lebih suka untuk bermain daripada duduk diam. Ketika makan atau minum susu, balita tersebut sering bergerak dan cenderung tidak mau diam.

Dalam hal ini, ibu tidak boleh memaksakan si kecil untuk diam dan minum susu. Ada juga ibu yang langsung menggendong si kecil dan memaksa minum susu. Tentu hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, bisa jadi si kecil akan trauma dengan susu sehingga tidak mau lagi mengkonsumsi susu untuk balita.

Untuk itu, ibu harus mengalah. Ibu sebaiknya mengikuti apa keinginan si kecil. Pada waktu bermain, ibu bisa sesekali memberi susu. Cara ini akan membuat balita ibu mulai suka lagi dengan susu.

Mengganti Susu Formula

Tips yang satu ini sebaiknya menjadi tips yang terakhir jika dua cara tersebut di atas tidak efektif. Akan tetapi, sebelum mengganti susu formula, ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Ada kasus di mana balita tidak mau mengkonsumsi susu balita terbaik lantaran ada kandungan yang membuat tubuh balita menolak. Efek yang secara langsung bisa dilihat adalah muntah. Akan tetapi, ada balita yang tidak menunjukkan efek tersebut.

Untuk itu, konsultasikan dengan dokter anak dan mintalah masukan susu balita yang terbaik untuk balita ibu. Tentunya, susu balita tersebut merupakan susu yang terbaik sesuai dengan kondisi si kecil.

Tips tersebut di atas merupakan tips yang bisa ibu praktekkan ketika memang tidak ada masalah yang terjadi pada si kecil seperti ada rasa sakit pada mulut, trauma pemaksaan minum susu, atau mungkin sedang tidak enak badan.

Apapun itu alasannya, ibu pasti tidak mau perkembangan balita ibu terganggu lantaran balita menolak mengkonsumsi susu. Tidak ada cara lain selain mencari tahu penyebabnya kemudian menemukan solusi yang tepat agar si kecil mau mengkonsumsi susu balita terbaik lagi.


No comments:

Post a Comment