Monday, November 16, 2015

Hati-Hati dengan Susu Balita Terbaik Tinggi Kalsium

susu balita terbaik
Friso Indonesia


Susu balita terbaik memiliki kadar nutrisi yang sesuai dengan anjuran dokter. Dalam hal ini, setiap susu balita memiliki nutrisi dengan kadar yang disesuaikan dengan usia balita. Itulah mengapa ada susu yang diformulasikan khusus untuk balita dengan rentang usia tertentu. Seperti  contoh, Friso Gold 3 merupakan susu pertumbuhan balita berusia 1-3 tahun.


Salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh balita adalah kalsium. Namun, tahukah ibu berapa kadar kalsium yang dibutuhkan balita ibu? Ibu harus tahu tentang hal ini karena terlalu tinggi kalsium akan membuat balita itu mengalami beberapa jenis keluhan kesehatan.
Memang benar, kalsium itu dibutuhkan oleh tubuh sang bayi. Namun, kadarnya harus disesuaikan dengan usia balita.

Kadar Kalsium Bayi

Pentingnya ibu memilihkan susu balita terbaik untuk memastikan kadar kalsiumnya tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Untuk bayi usia 0-5 bulan, jumlah kalsium yang dibutuhkan adalah 400 mg saja. Sementara, itu, jika usianya sudah masuk 6 bulan sampai 1 tahun, jumlah kalsium yang dibutuhkan meningkat menjadi 600 mg. Jika sudah masuk masa balita, asupan kalsium harus mencapai 800 mg.

Sayangnya, banyak ibu yang tidak menyadari hal ini. Selain memberikan susu formula tinggi kalsium, sang buah hati juga diberikan makanan yang mengandung tinggi kalsium. Tidak heran jika terjadi gejala-gejala yang mungkin terjadi karena kelebihan kalsium.

Gejala Balita Kelebihan Kalsium

Mungkin ibu pernah melihat balita ibu susah buang air besar. Atau jangan-jangan balita ibu sering susah buang air besar? Jika itu terjadi, ada kemungkinan balita ibu kelebihan kalsium. Memang ada banyak sekali faktor penyebab sembelit. Akan tetapi, salah satu faktor yang sering terjadi adalah terlalu tinggi kalsium. Ibu bisa mengganti susu formula yang lama dengan susu balita terbaik yang tidak mengandung tinggi kalsium.

Gejala kelebihan kalsium selanjutnya adalah tubuh sang balita terlalu mudah mengalami kelelahan. Balita yang sudah masuk usia 1 tahun akan mulai beraktivitas seperti merangkak dan berjalan. Umumnya, balita pada usia tersebut akan sangat aktif. Namun, jika balita ibu merasa lemah, ada kemungkinan balita ibu kelebihan kalsium.

Namun, dari berbagai gejala kelebihan kalsium, sering buang air kecil menjadi gejala yang paling sering terjadi. Tentu ibu bisa memeriksakan kondisi sang buah hati ke dokter anak terlebih dahulu untuk memastikan apakah memang benar balita ibu kelebihan kalsium atau tidak.

Tindakan yang Ibu Sebaiknya Lakukan

Jika benar gejala-gejala tersebut di atas muncul karena kelebihan kalsium, langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah mengganti susu formula dengan susu balita terbaik rendah kalsium.

Selain itu, usahakan ibu tidak memberikan makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti keju, brokoli, dan kacang kedelai. Namun, dalam hal ini, ibu harus berkonsultasi dengan dokter agat tidak justru balita kekurangan kalsium. Karena pada dasarnya kalsium itu sangat penting bagi balita. Kalsium sangat mempengaruhi perkembangan tulang, gigi, dan juga otot balita. Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam melancarkan peredahan darah balita ibu.

Itulah informasi yang ibu perlu ketahui tentang kandungan kalsium yang diperlukan balita. Jadi, intinya kalisum tidak boleh terlalu banyak dan juga tidak boleh terlalu sedikit. Pastikan ibu berkonsultasi dengan dokter jika terjadi keluhan kesehatan karena barangkali keluhan tersebut akibat dari terlalu tinggi jumlah kalsium dalam susu balita terbaik .

No comments:

Post a Comment