Wednesday, November 25, 2015

Tiga Nutrisi Penting dalam Susu Balita Terbaik untuk Kecerdasan Otak Si Kecil



 
susu balita terbaik
Friso Indonesia

Susu balita terbaik pasti memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Akan tetapi, apa sajakah jenis nutrisi yang mempengaruhi kecerdasan otak si kecil?


Saat ini, ibu pasti memahami persaingan semakin ketat. Hanya anak yang sehat serta cerdas mendapatkan kesempatan hidup lebih baik. Anak yang cerdas akan diterima di sekolah terbaik dan kesempatan menjadi orang sukses terbuka.

Itulah mengapa ibu harus memberikan asupan gizi terbaik untuk mengasah kecerdasan otak mulai dari balita. Salah satunya adalah memberikan susu formula yang mengandung beberapa nutrisi yang bisa mencerdaskan otak. Setidaknya, susu balita yang ibu berikan mengandung 3 nutrisi yang mempengaruhi kecerdasan otak. Nutrisi apa saja yang penting bagi otak tersebut?

  1. AA
AA kepanjangan dari  Arachidonic Acid. Ini merupakan golongan asam lemak esensial. Kandungan ini sebenarnya bisa didapatkan dari ASI yang ibu berikan. Itulah mengapa ASI itu mengandung gizi yang lengkap yang diperlukan oleh si kecil.
Akan tetapi, pada kondisi tertentu, tentu saja ibu memperlukan susu formula seperti ketika ibu harus pergi  ke luar kota dan menginggalkan si kecil di rumah atau ibu harus bekerja di kantor setiap hari. Tentu saja ibu harus menyiapkan susu balita terbaik.
Pastikan susu tersebut mengandung AA. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh sustem saraf pusat untuk berkembang. Selain itu, AA ini juga akan mempertajam penglihatan si kecil. Bahkan, ada penelitian di mana hasilnya menyebutkan bahwa diperlukan susu formula yang mengandung AA agar sistem penglihatan si kecil semakin tajam. Artinya, menurut penelitian tersebut, ibu tidak boleh hanya mengandalkan ASI saja, apalagi produksi ASI tidak terlalu banyak.

  1. Tyrosine
Kecerdasan tidak hanya berhubungan dengan sistem kognitif otak, tapi juga konsentrasi. Dalam hal ini, Tyrosine akan memperkuat konsentrasi si kecil. Jika si kecil bisa berkonsentrasi, maka si kecil akan tumbuh lebih cerdas.
Dalam dunia ilmiah, Tyrosine merupakan asam amino yang sangat penting. Asam amino ini berperan aktif dalam produksi neurotransmitter katekolamin serta serotonin. neurotransmitter katekolamin dan serotonin inilah yang akan membuat si kecil lebih perhatian atau konsentrasi.

  1. Vitamin B
Banyak riset yang menunjukkan menurunkan kecerdasan anak itu dikarenakan kurangnya vitamin B. Itulah mengapa vitamin B berperan penting untuk kecerdasan otak.
Untuk itu, pastikan susu balita terbaik yang ibu pilih mengandung kadar vitamin B yang tinggi. Secara langsung, vitamin B mempengaruhi perkembangan otak serta mengaktifikan fungsi otak tersebut. Jika otak si kecil berkembang normal, maka memori otak si kecil akan sangat baik sekali.
Sebenarnya, ada beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B selain pada susu formula, seperti telur, bayam, serta daging. Akan tetapi, jika ibu tidak ingin terlalu repot mengolah makanan tersebut, ibu bisa memberikan susu formula yang mengandung vitamin B.

Itulah tiga nutrisi penting yang mempengaruhi kecerdasan otak. Jika ibu ingin sang buah hati tumbuh cerdas, maka mulai sekarang ibu harus memilihkan susu pertumbuhan yang setidaknya mengandung tiga nutrisi tersebut. Sebenarnya masih ada beberapa nutrisi lagi yang mempengaruhi perkembangan dan kecerdasan otak. Hanya saja tiga nutrisi tersebut di atas paling penting.

Jadi, ibu sekarang harus lebih bijak memilihkan susu untuk si kecil. Jangan hanya membeli susu karena harganya yang mahal atau karena iklan di TV. Ibu juga harus mengetahui kandungan yang ada di dalam susu balita terbaik.
 

No comments:

Post a Comment