Monday, November 30, 2015

Hati-Hati, Susu Anak 1 Tahun Bikin Gemuk


susu anak 1 tahun
Friso Indonesia

 

Susu anak 1 tahun itu tidak selama bagus. Ada susu balita usia 1 tahun yang justru membuat si kecil menjadi gemuk. Gemuk dalam hal ini gemuk yang tidak sehat. Terdapat persepsi di masyarakat yang kurang tepat tentang balita gemuk. Bagi sebagian besar masyarakat, balita yang sehat itu balita yang gemuk. Padahal, tidak demikian.


Gemuk Belum Pasti Sehat

Ini yang harus dipahami bahwa gemuk itu bukan satu-satunya tanda bahwa si kecil sehat. Ada ukuran berat badan balita yang sudah ditentukan oleh WHO (World Health Organization). WHO sudah merilis tabel mengenai berat badan balita ideal sesuai usia dan juga jenis kelamin. 

Jadi, ibu tidak boleh terburu-buru men judge bayi sehat itu karena gemuk. Berat badannya perlu ditimbang agar tahu apakah berat badannya sesuai tabel WHO atau tidak. Itulah mengapa pemerintah sangat menyarankan agar ibu memeriksakan kesehatan meliputi gizi dan juga berat badan melalui posyandu di tempat masing-masing.

Ironisnya, balita mengalami kegemukan itu sering dikarenakan susu anak 1 tahun. Apakah ada yang salah dengan susu formula?

Gemuk Karena Susu Balita 1 Tahun

Persepsi yang salah tentang bayi sehat tersebut di atas mengakibatkan konsekuensi yang parah. Bagi ibu yang memiliki balita dengan tubuh yang kurus, ibu merasa minder dan akhir memberikan susu formula dengan takaran yang lebih. 

Memang dalam jangka waktu yang tidak lama, tubuh balita akan terlihat lebih gemuk. Sangat berbeda dengan balita yang hanya diberi ASI saja. 

Terlepas dari itu, apakah cara tersebut benar? Susu anak terbaik itu sudah diformulasikan sesuai saran ahli gizi balita. Oleh karena itu, ada aturan pemberian susu sesuai dengan usia balita. 

Jika ibu memberikan terlalu banyak ASI, memang balita ibu akan terlihat lebih gemuk. Hal ini dikarenakan jumlah nutrisi di dalam tubuh si kecil banyak. Namun, tahukah ibu terlalu banyak nutrisi bisa berakibat buruk bagi si kecil?

Ada istilah hipervitamin dalam dunia kesehatan. Istilah digunakan untuk menyebutkan balita yang mengalami kelebihan vitamin. Biasanya, balita yang mengalami hipervitamin itu mengalami beberapa gangguan, beberapa organ tubuh tidak berfungsi dengan baik, dan bahkan ada kasus yang mengakibatkan kematian. Bagi masyarkat awam, hipervitamin itu biasanya ditandai dengan tubuh si kecil yang terlalu gemuk.

Amankan Gontai-Ganti Susu Formula?

Langkah pertama yang sering dilakukan ketika ada masalah yang diakibatkan oleh susu adalah mengganti susu tersebut. Namun, amankah hal tersebut bagi kesehatan si kecil?

Menurut ahli medis, hal tersebut tidak masalah asalkan ibu tetap memilihkan susu balita terbaik yang mengandung nutrisi dalam takaran yang tepat. Jika balita ibu mengalami kegemukan, ada baiknya juga ibu memberikan susu formula yang tidak mengandung gula.

Usahakan ibu mengkontrol pemberian susu formula kepada si kecil. Terlalu sering memberikan susu formula juga akan mengakibatkan kegemukan. Buatlah jadwal minum susu. Jika balita ibu merasa haus tapi belum waktu minum susu, ibu bisa memberinya air putih.



Itulah beberapa informasi yang perlu ibu ketahui tentang susu formula terbaik. Jadi, tidak selalu balita gemuk itu sehat. Bahkan, ada balita gemuk tapi justru secara medis balita tersebut tidak sehat. Semantara itu, ibu harus memperhatikan pemberian susu formula agar dipastikan kesehatan balita ibu terjaga. Lihat aturan penyajian pada bungkus susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment