Thursday, November 26, 2015

Si Kecil Sudah Diberi Susu Balita Terbaik, Tapi Tetap Saja Kurus?



susu balita terbaik
Friso Indonesia

 

Susu balita terbaik pasti sudah dibuat oleh produsen susu dengan kandungan nutrisi yang baik sesuai anjuran ahli gizi balita. Namun, apakah justru ibu kecewa lantaran balita tetap saja kurus walaupun sudah mengkonsumsi susu tersebut?


Tenang saja karena itu bukan hanya ibu saja yang menghadapi masalah masalah seperti itu. Banyak ibu-ibu di luar sana yang masih berjuang agar balita mereka terlihat lebih gemuk dan sehat.

Sayangnya, sebagian besar menyalahkan susu yang diberikan. Ada anggapan susu yang diberikan bukanlah susu balita bagus. Ada juga yang merasa tertipu dengan iklannya. 

Terlepas dari itu semua, ibu harus mereview apa yang sudah dilakukan dan apakah ada yang salah dengan cara merawat balita ibu selama ini. 

Tumbuh Kembang Balita itu Tidak Hanya Dipengaruhi Susu

Patut disayangkan memang ketika banyak sekali ibu di luar sana yang hanya mengandalkan susu formula. Mereka berpikir dengan hanya memberikan susu formula, nutrisi si kecil akan tercukupi. Apalagi jika mereka memberikan susu formula terbaik, mereka menganggap semua nutrisi sudah ada di dalam susu tersebut.

Memang benar susu anak terbaik itu mengandung nutrisi yang baik dan yang diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil. Hanya saja, susu saja tidak cukup. Bahkan, ketika balita ibu sudah menginjak usia di atas satu tahun, para ahli gizi anak menganjurkan agar mengurangi asupan gizi dari susu formula.

Tapi, jangan menganggap salah dengan saran ahli gizi tersebut. Maksudnya mengurangi itu menjadwal pemberian susu. Balita yang sudah berusia 1 tahun umumnya lebih sering lapar. Dalam hal ini, ibu sebaiknya tidak memberinya susu anak terbaik setiap kali ia merasa lapar. Ibu harus menjadwal kapan waktunya minum susu dan kapan waktunya minum air putih, misalnya.

Ibu mungkin sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan makanan sehingga susu menjadi alternatif terakhir ketika balita lapar. Jika itu saja yang ibu berikan, bukan tidak mungkin tubuh balita ibu akan kurus.

Ibu harus pahami bahwa organ tubuh balita itu semakin berkembang dan asupan gizi itu tidak hanya dari susu, bukan? Apalagi ketika balita ibu sudah berusia 2 tahun. Tentunya akan lebih baik jika ibu membuatkan menu makanan sehat seperti bubur ikan salmon yang mengandung tinggi kalsium.

Pola Asuh

Ibu seorang wanita karir dan merasa tidak memiliki waktu untuk mengajak bermain si kecil? Tentu saja karir sebaiknya tidak menjadi alasan ibu tidak memiliki waktu. Ibu bisa bermain dengan si kecil ketika weekend atau sore hari sehabis pulang kerja. Banyak yang bisa ibu lakukan untuk tumbuh kembang balita itu.

Kenapa kegiatan bermain itu penting? Pasalnya semakin aktif, maka semakin baik tumbuh kembang organ tubuh balita ibu. Keaktifannya membuat pola makan juga lebih baik. Jadi, yang membuat tubuh balita kurus itu tidak hanya kekurangan gizi tapi karena tidak ada aktivitas bermain sehingga organ tubuh tidak berkembang maksimal.


Ibu bisa menuntut jalan jika balita ibu sudah mulai belajar berjalan. Ibu bisa bernyanyi dan menari jika si kecil sudah bisa berjalan, berlari, dan tegap berdiri. Dan masih banyak lagi kegiatan menyenangkan yang lain. Sayangnya, ibu tidak sadar bahwa selama ini cara mendidik anak yang kurang tepat. Dan ketika tumbuh kembang si kecil sepertinya kurang optimal, ibu merasa ada yang salah dengan susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment