Monday, November 23, 2015

Benarkah Susu Balita Terbaik Penyebab Si Kecil Mogok Minum ASI?


susu balita terbaik
Friso Indonesia

 

Susu balita terbaik sudah dipastikan mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Sayangnya, banyak ibu yang merasa khawatir ketika memberikan susu formula. Pasalnya, beberapa ibu mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan, yaitu si kecil tiba-tiba tidak mau atau mogok mengkonsumsi ASI.


Susu balita memang dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk pertumbuhan. Akan tetapi, ahli kesehatan balita tetap saja menyarankan agar si kecil juga mendapatkan ASI. Susu formula hanya digunakan sebagai suplemen atau pengganti sementara ketika ibu tidak berada di dekat si kecil seperti ketika ibu harus bekerja atau sedang sakit parah sehingga tidak bisa menyusui untuk sementara waktu.

Lalu, benarkah susu untuk balita membuat si kecil mogok minum ASI? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebab si kecil tidak mau mengkonsumsi ASI. Mungkin susu formula sebagai bagian dari penyebab hal tersebut, tetapi bukan penyebab utama.

Kesalahan Ibu

Ibu mungkin tidak sadar bahwa ibu sebenarnya yang menjadi penyebab utama kenapa si kecil menolak mengkonsumsi ASI dan lebih memilih susu balita. Kapan ibu mulai memberikan susu formula kepada si kecil? Jika ibu sudah mulai memberikan susu dalam botol ketika si kecil masih berumur 2-3 minggu, bukan tidak mungkin si kecil akan menolak mengkonsumsi ASI. Ia lebih mudah menyedot susu dari botol daripada susu yang berasal dari payudara ibu. Karena sudah terbiasa merasa mudah mengkonsumsi susu dalam botol, maka ia menolak jika diberi ASI yang langsung dari ibu.

Namun, hal tersebut masih bisa diantisipasi dengan cara memompa ASI kemudian memberikannya kepada si kecil menggunakan botol. Solusinya sekarang sudah Anda dapatkan. Hanya saja,j jika si kecil masih saja menolak ASI dan lebih memilih susu balita terbaik,  maka ada penyebab lain.

ASI tidak Cukup

Apakah ibu sudah pasti cadangan ASI ibu cukup untuk kebutuhan balita ibu? Jika tidak, maka bukan tidak mungkin balita ibu akan sering merengek dan meminta susu formula. Hal ini biasa terjadi ketika balita ibu sudah mulai dewasa. Asupan susu lebih banyak sehingga jika produksi ASI ibu justru menurun, maka bukan tidak mungkin si kecil akan mogok minum ASI. Ia lebih memilih susu balita daripada ASI.

Terganggu Isapan
Cara memberikan ASI juga berpengaruh pada si kecil. Jangan sampai ibu sering mencabut puting ibu ketika si kecil masih merasa haus. Jika ibu sering melakukan hal tersebut, si kecil akan mengalami trauma dan cenderung tidak mau menyusu ASI lagi.

Selain itu, kebiasaan mengguncang-guncang payudara yang katanya agar ASI keluar lebih kencang dan banyak juga bisa menjadi penyebab si kecil tidak lagi mau mengkonsumsi ASI. Bagi balita, yang ibu lakukan tersebut mengganggu. Akan terjadi trauma sehingga si kecil enggan minum ASI lagi.

Nah, semoga sekarang ibu bisa mulai lebih bijak menilai apa penyebab si kecil tidak lagi mau minum ASI dan memilih susu balita. Ibu harus mengingat kembali apa yang telah ibu lakukan, apakah ada hal-hal yang secara tidak sadar ibu lakukan yang justru membuat si kecil enggan mengkonsumsi ASI seperti saat ini.

Yang jelas, tidak ada yang salah denan susu formula. Jika balita ibu menolak mengkonsumsi ASI, itu bukan berarti gara-gara susu formula. Pada dasarnya, nutrisi dalam jumlah yang cukup itu dibutuhkan oleh si kecil dan itu bisa didapatkan dari susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment