Wednesday, November 11, 2015

Si Kecil Mogok Minum Susu Balita Terbaik?

susu balita terbaik
www.facebook.com/FrisoIndonesia

Susu balita terbaik tidak mesti disukai oleh si kecil. Apakah hal tersebut juga terjadi pada balita ibu? Apakah tiba-tiba balita ibu menolak mengkonsumsi susu formula padahal sebelumnya si kecil sangat doyan sekali?


Tentu ada penyebabnya kenapa secara tiba-tiba balita ibu menolak minum susu. Akan tetapi, ibu tidak boleh terburu untuk memutuskan keputusan. Keputusan yang salah membuat langkap apapun yang ibu lakukan sia-sia.

Untuk itu, jika balita ibu sudah mulai susah mengkonsumsi susu balita, ada beberapa hal yang harus ibu lakukan untuk mengetahui penyebabnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Lihat Mulut Bagian Dalam Si Kecil

Salah satu penyebab yang sering terjadi kenapa balita sudah minum susu adalah tumbuhnya gigi susu. Pada saat gigi susu tumbuh, si kecil akan merasa kesakitan. Bahkan, ketika sakitnya tidak tertahankan, si kecil akan lebih sering menangis dan tidak mau mengonkonsumsi apapun, termasuk susu. Hal tersebut sangat beralasan karena ketika makanan atau minuman melewati bagian yang sedang tumbuh gigi susunya tersebut, maka si kecil akan merasa perih.

Lalu, bagaimana ibu bisa mengetahui gigi susu balita ibu tumbuh? Caranya sangat mudah. Ibu bisa membuka mulut bagian dalam si kecil lihat apakah ada warna putih pada bagian gusi.

Akan tetapi, cara tersebut terkadang sulit. Pasalnya, tidak semua balita mau membuka mulut saat merasa kesakitan. Si kecil menganggap hal tersebut akan semakin menyakitinya. Untuk itu, ibu bisa melihat ciri-ciri gigi susu tumbuh. Salah satunya adalah balita sering mengeluarkan air liur.

Mengenai umur, tidak ada yang bisa memastikan berapa umur bayi ketika sudah mulai tumbuh gigi susu. Gigi susu bayi ada yang sudah tumbuh pada usia 6 bulan ada juga yang baru tumbuh pada usia 1 tahun lebih. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Perhatikan Makanan yang Ibu Berikan

Terkadang, ibu tidak sadar ternyata penyebab balita susah minum susu tidak lain adalah makanan yang dikonsumsi. Jadi, ibu jangan terburu mengganti susu balita terbaik yang sudah ibu berikan selama ini. Bisa jadi bukan karena susu yang menjadi penyebab balita susah minum susu.




Makanan yang terlalu banyak glukosa akan membuat si kecil cepat kenyang. Pada saat itulah si kecil merasa tidak perlu lagi minum susu. Ia menolak minum susu karena sudah terlalu banyak glukosa yang sudah ia serap melalui makanannya.

Para ahli gizi menjelaskan kelebihan glukosa ini berarti adanya nutrisi yang tidak seimbang. Akibatnya, si kecil mogok mengkonsumsi susu formula terbaik. Jika ini adalah penyebabnya, maka percuma saja ibu mengganti susu formulanya karena hal tersebut akan berakibat yang sama kecuali ibu memilihkan makanan dengan gizi yang seimbang.

Lihat Kandungan Susu

Apakah ibu yakin sudah memberikan susu yang terbaik untuk balita ibu? Standarisasinya bukan pada harganya, tetapi kandungan di dalam susu tersebut. Yang jelas, tidak pasti susu terbaik untuk balita itu harganya mahal.

Susu balita terbaik itu memiliki kandungan yang seimbang di mana kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh sang balita. Yang menjadi permasalahan adalah ketika balita susah minum susu, ibu sering memaksa agar tetap mau mengkonsumsi.

Sebaiknya ibu lihat kandungan yang ada di dalam susu yang ibu berikan kepada balita karena tidak semua kandungan itu dibutuhkan oleh balita. Itulah mengapa ketika tubuh si kecil tidak membutuhkan kandungan tersebut, salah satu cirinya adalah balita tersebut berontak dan tidak mau mengkonsumsi susu. Jika balita itu berusia 1-3 tahun, Friso Gold 3 sudah teruji sebagai susu untuk balita dengan kandungan seimbang. Pastikan ibu memberikan susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment