Thursday, January 28, 2016

Manfaat Berenang untuk Tumbuh Kembang Balita

Friso Indonesia


Tumbuh kembang balita memang bukan sesuatu yang secara tiba – tiba langsung menunjukkan hasil yang positif. Ya, seperti segala sesuatu yang baik, harus berhadapan dengan banyak proses. Hal tersebut berlaku tak terkecuali pada tumbuh kembang balita. Untuk itu, dalam rangka membuat tumbuh kembang balita anda berjalan dengan baik, anda harus memberikan hal – hal yang sifatnya positif dan mampu menstimulasi perkembangannya.

Sebagai ibu yang bijak, para moms harus pintar memilih mana saja hal penting yang bisa merangsang pertumbuhan dan perkembangan balita anda. Banyak cara yang bisa dilakukan agar anak anda tumbuh menjadi balita yang sehat, aktif dan cerdas.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah mengajaknya untuk berenang. Ya, olahraga air ini sangatlah menyenangkan bagi anda sebagai orang tua maupun anak. Rasa ingin tahu yang tinggi pada anak membuat berenang mampu memenuhi keinginan tersebut. Pasalnya, lewat bermain dengan air, anak akan banyak bereksplorasi dan meningkatkan kemampuan imajinasinya.

Selain itu, berenang juga bisa menjadi sarana bagi anda dan si kecil untuk semakin dekat secara emosional karena berinteraksi langsung lewat permainan air. Luangkan waktu yang anda miliki disamping padatnya kesibukan dari pekerjaan anda dan jadikan momen berenang bersama si kecil sebagai waktu berkualitas untuk mengenal lebih jauh buah hati anda.

Nah, tentu anda sebenarnya masih penasaran, kenapa sih harus berenang? Dan apa yang membuat olahraga renang dapat mendukung tumbuh kembang balita kesayangan anda?

·      Melatih Keseimbangan

Hal pertama yang menjadi alasan mengapa berenang sangat bermanfaat bagi perkembangan balita adalah dapat melatih keseimbangan. Balita yang sudah diajari renang sejak dini sudah dapat menunjukkan kemampuan untuk hal – hal yang berkaitan dengan keseimbangan. Mereka menjadi lebih mudah dan cepat untuk belajar berjalan dibandingkan teman – teman seusianya yang belum memiliki pengalaman renang.

·      Mengasah Kepercayaan Diri

Sejak kecil, kepercayaan diri anak harus diasah untuk membuatnya menjadi seorang yang tidak pemalu. Nah, sarana yang tepat untuk melakukannya adalah lewat berenang. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bahwa semakin ia mahir dalam berenang, semakin pula kepercayaan diri balita para moms dapat bertumbuh. Selain itu, dengan berenang, ia juga dapat belajar untuk mengendalikan keadaan di sekitarnya. Karena itulah untuk mendidik anak menjadi seorang yang percaya diri dan dapat menguasai diri dan lingkungan, berenang adalah sarana yang cocok sekaligus menyenangkan.

·      Melatih Kedisiplinan

Tidak dipungkiri bahwa seorang anak yang sudah di “paksa” untuk belajar renang sejak kecil akan memiliki sikap kedisiplinan. Ya, umumnya latihan renang pada balita dilakukan seminggu dua kali. Oleh karena itulah anak tersebut dapat menjadi lebih disiplin terhadap kewajibannya. Sehingga, ia tidak takut untuk diberikan tanggung jawab meskipun hanya berskala kecil seperti latihan renang. Sikap disiplin yang sudah dipupuk sedari kecil membuatnya akan menjadi pribadi yang patuh terhadap peraturan kelak ia dewasa.

·      Mempererat Hubungan Orang Tua dan Anak

 Ya, fakta yang tidak dapat dipungkiri adalah bahwa dengan berenang bersama – sama anda dan balita akan saling bercanda bersama. Media air sangat cocok untuk memperat hubungan anda dan si kecil sebagai orang tua dan anak. Pilihan berenang sangat cocok bagi anda yang memang punya kesibukan super padat tetapi menginginkan waktu berharga bersama anak tidak dapat terlewatkan. Selain olahraga ini sangat menyenangkan, di sisi lain anda dapat mendekatkan hubungan dengan si kecil sebagai buah hati anda dan juga menjadi sarana untuk memerhatikan tumbuh kembang balita.

No comments:

Post a Comment