Monday, January 4, 2016

Ibu Harus Semakin Hati-Hati Karena Ada Kasus Keracunan Susu Balita Terbaik

susu balita terbaik
Susu Balita Terbaik


Susu balita terbaik juga bisa membuat si kecil keracunan. Ini bukan rumor tapi fakta. Ada kasus balita keracunan susu formula yang terjadi di beberapa daerah. Salah satunya di daerah Indramayu. Balita berusia 1,5 tahun keracunan setelah mengkonsumsi susu formula. Balita tersebut akhirnya harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.


Ini hanya satu dari sekian banyak kasus balita keracunan susu balita. Tentu saja ibu manapun tidak ingin sang buah hatinya keracunan seperti itu. Untuk itu, ibu harus tahu bagaimana tanda-tanda balita keracunan dan kenapa susu formula yang terbaik justru meracuni si kecil.

Tanda-Tanda Balita Keracunan Susu Formula

Sebenarnya, terlalu gegabah jika mengatakan balita keracunan susu. Pasalnya, ada banyak faktor yang mengakibatkan si kecil keracunan karena tidak hanya susu yang dikonsumsi, melaikan makanan juga. Untuk itu, perlu pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter untuk memastikan apakah balita keracunan akibat susu anak atau bukan.

Terlepas dari hal tersebut, seorang ibu yang bijak harus tahu tanda-tanda balita keracunan. Berdasarkan beberapa kasus balita mengalami keracunan yang diakibatkan susu balita terbaik, seperti halnya yang terjadi di Indramayu, tanda-tanda balita keracunan adalah muntah. Banyak sekali ibu yang menganggap remeh jika si kecil muntah. Mereka menyangka hal tersebut tanda bahwa si kecil kurang enak badan saja. Padahal, bisa jadi muntah tersebut dikarenakan si kecil keracunan susu formula. Jadi, jika balita ibu muntah apalagi muntah tersebut sudah terjadi dalam jangka waktu beberapa hari, tidak ada jalan lain kecuali segera memeriksakan ke dokter.

Tanda-tanda lain balita mengalami keracunan susu formula adalah diare berkepanjangan. Jika si kecil muntah disertai dengan diare, kemungkinan besar balita ibu mengalami keracunan susu balita. Apalagi jika dua tanda tersebut selalu muncul setelah mengkonsumsi susu. Besar kemungkinan si kecil keracunan susu formula.

Sebenarnya hal tersebut bukan berarti susu yang ibu pilih itu tidak bagus atau tidak higienis. Harus dipahami bahwa susu formula merk apapun bisa juga membuat balita keracunan. Hal ini dikarenakan adanya bakteri yang tumbuh berkembang di dalam susu. Lalu, bagaimana bakteri tersebut bisa berada di susu formula?

Cara Bakteri Berkembang di Dalam Susu Anak

Setelah ibu mengetahui ternyata susu balita terbaik juga meracuni si kecil, ibu harus tahu kenapa hal tersebut bisa terjadi. Menurut ahli medis, hal tersebut dikarenakan susu yang ibu berikan sudah terkontaminasi oleh bakteri.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana susu bisa terkontaminasi dengan bakteri? Ada beberapa cara bakteri bisa berada di dalam susu. Salah satunya melalui proses produksi susu. Beberapa waktu yang lalu, pemerintah Indonesia meminta sebuah produsen susu untuk balita menarik kembali produknya dari pasar karena terkontaminasi dengan bakteri. Disinyalir produsen lalai dalam quality control sehingga bakteri bisa masuk ke dalam kemasan ketika packaging.

Akan tetapi, yang sering terjadi adalah kelalaian ibu dalam menjaga kebersihan botol susu. Jangan remehkan kebersihan botol susu. Pasalnya, jika botol susu yang tidak dicuci dengan bersih, maka bakteri akan berkembang di sana. Itulah mengapa sangat disarankan agar tidak memberikan susu formula yang sudah berada di dalam botol yang lebih dari 2 jam. Sebaiknya susu formula tersebut dibuang dan botol dicuci bersih menggunakan sabun karena setelah 2 jam, bakteri bisa berkembang di dalam botol tersebut.

Itulah beberapa informasi yang seharusnya ibu ketahui. Semoga informasi tersebut di atas bisa membuat ibu lebih tahu kenapa ada kasus anak keracunan susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment