Friday, January 8, 2016

Memilih Susu Balita Terbaik untuk Sang Buah Hati




susu balita terbaik
Friso Indonesia

 

Susu balita terbaik  dapat ditentukan dan dilihat dari berbagai sisi. Saat ini banyak produk susu mengaku sebagai susu balita terbaik dan unjuk gigi menampilkan segala keunggulan dari produknya baik dari segi harga yang cenderung ekonomis atau kandungan yang lengkap. Pendekatan yang dilakukan pun beragam baik melalui media cetak maupun elektronik. Banyaknya iklan produk susu tersebut dilain sisi justru menimbulkan kebingungan bagi para Ibu untuk menentukan pilihan. Namun, apakah saja faktor yang harusnya diperhatikan oleh para Ibu untuk memilih susu.


Usia Anak

Hal yang harus diperhatikan adalah Usia Anak. Usia sendiri dapat dikategorikan berdasarkan berbagai aspek. Salah satu aspeknya adalah metabolisme dan sistem pencernaan sang anak. Berdasarkan aspek tersebut, usia anak digolongkan menjadi < 6 Bulan dan > 6 Bulan hingga 5 Tahun. Pada usia < 6 Bulan, kondisi pencernaan buah hati kita msih belum sempurna, sehingga mayoritas gizi bersumber dari ASI Ibu sedangkan > 6 bulan hingga 5 tahun kondisi pencernaaan anak dapat dikatakan sempurna sehingga, konsumsi susu formula sebagai makanan pendamping ASI dapat diberikan. Maka dari itu, perhatikan kemasan susu berdasarkan usia yang tertera. Jangan sampai tidak teliti ya, Bu!

Kandungan Susu

Selanjutnya adalah kandungan susu. Susu menjadi makanan pengganti dan banyak dikonsumsi pada masa peralihan dari ASI maka hal yang harus diperhatikan adalah komposisi susu tersebut harus mendekati apa saja yang terkandung pada ASI. Salah satu kandungannya adalah Protein.

Susu formula kebanyakan diproduksi dari hewan dan memberikan protein kelompok kasein yang cenderung kasar, sehingga kandungan susu erat kaitannya dengan kesiapan pencernaan anak yang ditentukan oleh usia buah hati anda. Seorang anak dibawah 5 tahun, cenderung telah mampu mencerna protein kasein sehingga, komposisi protein hewani dan proses pengolahan air susu sapi menjadi faktor untuk melihat komposisi susu balita terbaik .

Selain dari pada itu, komposisi lain seperti ALA / LA yang merupakan asam lemak untuk perkembangan sel – sel tubuh, Prebiotik untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik, serta Vitamin (A, C, dan E) untuk antioksidan dan daya tahan tubuh, juga harus terkandung didalamnya. Maka dari itu, sebaiknya para ibu tidak lupa untuk membaca kandungan produk sebelum membeli.


Alergi pada Anak

Susu formula yang beredar saat ini terdiri atas 3 jenis yaitu susu sapi, susu kedelai dan susu elemental (rendah lemak dan tinggi gizi). Mayoritas anak akan mengonsumsi jenis susu sapi, namun tidak dipungkiri, beberapa diantaranya dapat mengalami alergi yang ditandai dengan konstipasi atau bintik = bintik merah. Sehingga, para ibu harus aktif untuk melihat gejala apa saja yang timbul pasca mengonsumsi susu. Perhatian dan peran aktif dari Ibu menjadi poin penting dalam memilih jenis susu terbaik yang dapat memberikan hasil  terbaik bagi sang buah hati.

Menentukan Pilihan

Susu yang dikonsumsi anak memiliki peran yang cukup besar dalam menentukan tumbuh kembang sang buah hati. Susu yang baik tentunya dapat mendukung perkembangan anak. Terlebih, susu banyak dikonsumsi oleh anak pada usia 1 hingga 5 tahun yang dikategorikan sebagai Balita. Pada rentang usia Balita, perkembangan otak anak sedang berada pada puncaknya. Hal – hal seperti Usia, Kandungan Susu, dan Alergi menjadi tiga poin utama dalam memilih susu balita terbaik yang tidak diragunakan lagi menjadi begitu penting.


No comments:

Post a Comment