Wednesday, January 13, 2016

Si Kecil Menolak Susu Balita Terbaik? Ini yang Bisa Ibu Lakukan


 
susu balita terbaik
Friso Indonesia


Susu balita terbaik bisa dikatakan susu yang menjamin perkembangan si kecil baik. Namun, jika dibandingkan dengan ASI, jelas ASI lah yang terbaik. Terlepas dari itu, susu untuk balita itu sebaiknya tetap diberikan apalagi ketika si kecil sudah mulai lebih aktif pada usia di atas 1 tahun.

 

Lalu, bagaimana jika si kecil justru menolak mengkonsumsi susu balita? Ibu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa ibu coba. Yang jelas, kandungan dalam susu untuk balita tersebut harus didapatkan oleh si kecil, entah bagaimana pun caranya.
Salah satu cara yang bisa ibu coba adalah menambahkan susu pada kudapan atau menu makanan apa saja yang ibu berikan kepada balita ibu. Apakah ibu sering memberikan jus buah? Nah, masukkan saja susu ke dalam jus buah tersebut. Jika balita ibu masih mengkonsumsi bubur, ibu juga bisa menambahkan susu pada bubur.
Jadi, memberikan susu terbaik untuk balita itu tidak harus berbentuk cair. Ibu bisa memberikan susu dengan cara menambahkan pada makanan atau istilah “menyelipkan”. Yang jelas, kandungan nutrisinya bisa diserap oleh tubuh.
Apakah tidak berbahaya jika susu langsung dicampurkan pada kudapan atau makanan begitu saja? Tentu saja tidak. Yang berbahaya itu ketika susu yang sudah ibu buat dalam bentuk cari namun ibu diamkan di suhu ruangan hingga di atas 2 jam. Pada saat itu, bakteri sudah berkembang di dalam susu. 
Selain itu, susu yang disedu dengan cara menuangkan air panas langsung ke dalam botol yang sudah ada susunya mengakibatkan nutrisi hilang. Cara ini yang tidak dianjurkan. Memang ibu memberikan susu balita terbaik setiap hari tapi siapa sangka ternyata nutrisi dalam susu rusak sehingga anak tidak mendapatkan manfaat dari nutrisi tersebut.
Kembali lagi ke permasalah anak susah menolak minum susu. Selain dengan cara menyelipkan ke dalam makanan atau kudapan, ibu juga bisa mencari alternatif lain. Carilah jenis makanan atau minuman yang mengandung susu. Yogurt dan keju biasanya yang paling sering dipilih. Yogurt bisa dikatakan bentuk lain dari susu. Kandungannya hampir sama yang ada di dalam susu balita terbaik. Sayangnya, banyak ibu yang mengeluh karena justru lebih sulit memberikan yogurt. Hal ini dikarenakan baunya yang kurang enak menurut balita.
Keju bisa dijadikan alternatif lain. Keju terbuat dari susu. Keju bisa ibu berikan langsung atau mencampurnya ke dalam makanan. Keju juga bisa ibu berikan sebagai cemilan balita ibu.
Cara-cara tersebut di atas bisa ibu pratekkan. Yang jelas, kandungan yang terdapat dalam susu harus didapatkan oleh si kecil, entah dengan cara menyajikan makanan yang sudah dicampur dengan susu atau memberikan jenis makanan atau minuman lainnya yang memberikan manfaat seperti susu balita.
Yang jelas, ibu tidak perlu ambil pusing jika balita ibu mogok minum susu. Mungkin saja si kecil bosan dengan susu. Ibu bisa coba memberikan susu dengan rasa yang berbeda. 
Susu untuk balita memang penting. Namun, dokter anak menekankan sumber nutrisi itu tidak hanya didapatkan dari susu. Untuk anak balita, sumber nutrisi ibu didapatkan dari makanan. Oleh karena itu, ibu mencari cara lain jika si kecil menolak minum susu. Namun, karena susu itu mengandung nutrisi komplit yang dibutuhkan si kecil, mulailah dengan menerapkan cara tersebut di atas agar si kecil bisa mendapatkan kebaikan dari susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment