Monday, January 4, 2016

Tumbuh Kembang Balita Lebih Lambat daripada Balita Lain. Apa yang Harus Ibu Lakukan?


tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita tidak bisa diukur atau dibandingkan dengan balita lain. Harus dipahami bahwa setiap balita itu memiliki potensi pertumbuhan yang berbeda. Ada pertumbuhan balita yang cepat ada yang lambat. Jadi, ibu tidak perlu khawatir jika balita ibu belum bisa mulai belajar berjalan sementara balita sebayanya sudah mulai berjalan.



Lalu, ukurannya apa untuk menilai pertumbuhan balita? Tentu saja salah satunya adalah usia. Jika sepertinya balita ibu sekiranya sudah seharusnya bisa berjalan tapi belum berjalan, maka tunggu saja beberapa minggu atau beberapa bulan. Jika masih saja belum bisa berjalan pada sudah berusia 2-3 tahun, kali ini ibu bisa memeriksakan kondisi kesehatan si kecil, apakah ada kesalahan pada pertumbuhan tulang si kecil.

Perkembangan anak itu tidak hanya tentang belajar berjalan, tapi juga belajar berbicara, merespon komunikasi orang lain dengan verbal maupun tindakan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, faktor lain yang tak kalah penting adalah kecerdasan. Itulah mengapa susu anak diformulasikan untuk mengembangkan saraf dan otak si kecil. Untuk itu, susu anak terbaik pasti mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan fisik maupun psikis.


Namun, yang tak kalah penting adalah peran ibu sebagai orang tua untuk memberikan stimulus dari luar seperti kegiatan bermain, bergerak, belajar, dan lain sebagainya sehingga ibu tidak akan menemui kendala yang berarti seputar tumbuh kembang balita.

No comments:

Post a Comment