Monday, January 4, 2016

Ini Dia Cara Mendidik Anak yang Sering Dilupakan oleh Orang Tua

cara mendidik anak
Friso Indonesia


Cara mendidik anak itu mudah. Itu katanya. Padahal, tidak sedikit orang tua yang merasa sudah menerapkan tips mendidik anak yang benar tapi ternyata salah. Mendidik anak tidak boleh asal-asalan karena cara mendidik yang orang tua terapkan akan membekas dan akan menjadi karakter anak ketika dewasa nanti.

Banyak sekali orang tua yang ingin sedini mungkin membuat anaknya tumbuh menjadi anak yang mandiri. Jika ibu menginginkan hal tersebut, ibu bisa menerapkan tips mendidik anak berikut ini.



Pertama, biasanya anak melakukan pekerjaanya sendiri. Mulai mengajari anak melakukan pekerjaan sederhana seperti membuang tempat sampah, merapikan kembali mainan, merapikan tempat tidur, makan dan minum sendiri, dan lain sebagainya. Dengan mengajarkan hal sederhana tersebut, anak akan tumbuh menjadi anak yang mandiri.

Kedua, jangan langsung menuruti apa yang diinginkan. Terkadang, ibu ingin menunjukkan rasa sayang dengan cara memberikan apa yang diinginkan oleh anak. Tentu saja hal tersebut sangat wajar dan sah-sah saja. Hanya saja, potensi anak tumbuh menjadi pribadi yang manja sangat besar sekali. Ada baiknya jika ibu mulai mengajarkan bagaimana anak harus berusaha terlebih dahulu agar keinginannya terkabul seperti membantu membersihkan rumah. Ibu juga bisa mengajarkan mengenal Tuhan dengan cara meminta anak berdoa agar keinginannya terkabul. Ini salah satu cara agar anak menjadi pribadi yang mandiri dan juga mengenalkan agama.


Ketiga, mengajarinya untuk menabung. Jika anak ibu ingin mainan baru, maka ajari agar anak menabung. Ibu memberikan separoh dari harga mainan tersebut dan anak akan menabung separoh lagi. Ini merupakan cara mendidik anak yang bisa diterapkan hingga dewasa nanti.

No comments:

Post a Comment