Sunday, January 10, 2016

Lakukan Aktivitas ini dan Perhatikan Tumbuh Kembang Balita


tumbuh kembang balita
Tumbuh Kembang Balita

 

Tumbuh kembang balita menjadi hal yang sangat penting sekali bagi orang tua. Bagi ibu juga, bukan? Hal tersebut bisa dilihat ketika begitu khawatirkan ibu melihat sang buah hati mengalami perlambatan dalam hal perkembangan. Ketika ia belum bisa berjalan sementara teman sebayanya sudah bisa berjalan, ibu sangat takut jangan-jangan ada yang salah yang ibu berikan kepada si kecil. Hal tersebut menunjukkan betapa ibu concern terhadap perkembangan sang buah hati. 


Sayangnya, makanan atau susu balita terbaik yang ibu berikan kepada sang buah hati ternyata tidak cukup. Stimulus dari luar juga tak kalah penting. Untuk itu, ibu bisa mengajak si kecil melakukan aktivitas berikut ini dan lihatlah betapa balita ibu akan tumbuh menjadi balita yang hebat.

Membaca Cerita Bersama

Sepertinya sia-sia mengajak balita membaca buku cerita. Toh balita belum bisa membaca. Secara logika, hal tersebut memang begitu. Namun, ibu tidak menyadari membaca akan menstimulus si kecil untuk berbicara dan belajar hal baru.

Memang balita ibu belum bisa bicara atau bahkan mungkin belum bisa berbicara. Tahap tumbuh kembang balita usia 1 tahun umumnya baru bisa berjalan saja. Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak bisa mengajaknya berkomunikasi. Cara agar si kecil lebih cepat berbicara, ibu harus sering mengajaknya membaca buku cerita.

Kegiatan ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil. Dengan kegiatan membaca, sang buah hati akan sering mendengar kata yang ibu ucapkan. Ia akan menghafalkan dan sedikit demi sedikit ia akan menirukan bagaimana mengucapkan suatu kata. Akhirnya, secarat tidak sadar, balita ibu akan mulai  berbicara.

Mengajaknya Berbicara

Selain mengajak sang buah hati membaca, ibu juga bisa lebih sering berbicara atau berkomunikasi denganya. Mulailah berkomunikasi dengan kata-kata yang sederhana. Ibu juga bisa mencoba memberikan instruksi sederhana dan latihlah si kecil untuk melakukan sesuatu sesuai dengan instruksi. Dengan melakukan kegiatan ini secara terus menerus, balita ibu akan semakin berkembang. Ibu pasti terkejut tumbuh kembang balita ibu sangat signifikan.

Mengajak Bernyanyi dan Menari

Hal menyenangkan lainnya yang bisa ibu lakukan adalah menyanyi dan menari. Menyanyi merupakan kegaitan yang menarik agar balita ibu bisa mulai belajar bicara. Ibu bisa putarkan video klip lagu-lagu anak. Buatlah si kecil menikmati lagu tersebut. Setelah itu, ibu bisa mengajak si kecil menirukan lagu yang diputar.

Akan lebih baik ibu juga mengajak sang buah hati untuk ikut menari. Hanya saja, kegiatan menari ini hanya bisa dilakukan jika balita ibu sudah bisa tegap berdiri dan sudah bisa berjalan. Jika belum, ibu bisa mengajaknya bernyanyi saja.

Sayangnya, banyak ibu yang menganggap nutrisi saja sudah cukup untuk menunjang tumbuh kembang balita.  Hal ini dikarenakan menurut mereka, tumbuh kembang itu hanya berkaitan dengan kesehatan. Padahal, ada hal lain lagi yang lebih penting, yaitu psikologi dan skill. Untuk dua hal ini, ibu harus memberikan stimulus. Jika si kecil sudah mulai belajar berjalan, maka lebih seringlah mengajak si kecil jalan. Jika sudah mulai belajar bicara, maka lakukan kegiatan yang membuatnya berbicara seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.


Yang jelas, tumbuh kembang si kecil itu dipengaruhi dua hal, intern berupa nutrisi dari makanan dan minuman sehat dan eksternal berupa stimuls seperti kegiatan menyenangkan di atas. Semoga ibu sekarang sudah tahu apa yang harus ibu lakukan untuk menunjang tumbuh kembang balita. 

No comments:

Post a Comment