Wednesday, January 6, 2016

Ini Cara Agar Si Kecil Senang Minum Susu Balita Terbaik


susu balita terbaik
Friso Indonesia

 

Susu balita terbaik tidak selalu bisa dikonsumsi oleh anak. Ada juga balita yang menolak berbagai jenis susu formula. Ibu mungkin sudah mencoba berbagai merk. Ibu juga mencoba memberikan susu formula berbagai rasa. Namun, hasilnya sama, si kecil tidak mau minum susu.

Mungkin bukan karena susunya atau rasanya yang membuat si kecil menolak mengkonsumsi susu. Ibu coba praktekkan cara berikut ini agar si kecil senang mengkonsumsi susu balita terbaik.


Mengajak Bermain
Apa yang sering ibu lakukan ketika di rumah? Mengajak bermain di dalam rumah mungkin menjenuhkan. Balita juga sudah bisa merasakan jenuh. Maka sesekali ibu bisa mengajak si kecil berjalan-jalan dan bermain di luar. Ajaklah si kecil ke taman terbuka di sekitar perumahan. Bawalah cemilan, makanan, dan juga susu. Sesekali, ibu ajak ia bermain sambil menyuapi makanan dan memberi susu.
Memang melelahkan dan butuh waktu yang lama. Namun, ibu pilih yang mana, balita ibu kekurangan nutrisi karena menolak minum susu atau ibu sedikit kecapekan tapi si kecil tumbuh sehat?
Mengurangi Cemilan
Ibu harus perhatikan cemilan yang ibu berikan kepada si kecil. Perhatikan seberapa banyak cemilan yang ibu berikan setiap hari. Ibu bisa saja membelikan cemilan yang sehat yang mengandung nutrisi yang banyak. Namun, apapun itu, susu balita tetap yang terbaik.
Apalagi jika ibu memilih cemilan yang mengenyangkan, seperti cemilan balita yang mengandung susu dan keju. Maka bukan tidak mungkin si kecil akan cepat merasa kenyang dan akhirnya lebih memilih cemilan daripada susu.
Bahkan, ada kasus di mana anak menolak makan dan menolak minum susu balita terbaik lantaran lebih suka cemilan. Hal ini dikarenakan bagi si kecil, cemilan itu lebih enak dan juga mengenyangkan.
Tambahkan Suplemen
Ada produk suplemen yang bisa menambah nafsu makan dan minum susu si kecil. Namun, bukan berarti produk suplemen itu satu-satunya solusi. Sebenarnya, ibu juga bisa membuat suplemen sendiri seperti membuat jus yang terbuat dari campuran buah-buahan dan sayuran.
Beberapa jenis sayuran dan buah-buahan ternyata bisa membangkitkan nafsu makan dan minum susu si kecil. Itulah mengapa dokter anak menyarankan agar setiap hari si kecil diberikan jus buah. Jadi, selain bubur, balita juga harus dikenalkan dengan berbagai jenis jus buah atau jus sayur.
Masalah Anak Menolak Minum Susu
Sebenarnya, bukan ibu saja yang menghadapi masalah ini. Hampir semua ibu akan menghadapi masalah yang sama. Ketika balita sudah mulai belajar berjalan ke mana-mana, maka ibu akan merasakan betapa susahnya mengajak si kecil untuk diam, makan, dan minum susu.
Untuk itu, ibu tidak boleh menyalahkan susu. Bukan susu yang menjadi masalah. Oleh karena itu, berapa kalipun ibu mengganti susu balita terbaik atau berapa kalipun ibu mencoba susu dengan rasa berbeda, hal tersebut akan sia-sia belaka.
Yang harus ibu lakukan adalah mencari celah bagaimana agar si kecil senang dan mau mengkonsumsi susu. Itu saja.
Selain itu, harus dipahami bahwa susu bukanlah sumber utama nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Makanan dan aneka jenis minuman bisa ibu berikan sebagai ganti susu jika si kecil menolak. Akan tetapi, ibu akan sedikit kerepotan. Jelas sekali susu merupakan minuman yang mudah dibuat dan kaya akan nutrisi. Jadi, ibu harus cerdas agar si kecil mau terus mengkonsumsi susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment