Tuesday, January 5, 2016

Si Kecil Susah Sekali Minum Susu Balita Terbaik? Ini yang Perlu Ibu Lakukan




Susu balita terbaik sudah menjadi minuman yang seperti wajib untuk dikonsumsi setiap hari. Apakah ibu setuju?

Sayangnya, tidak sedikit balita yang mulai enggan mengkonsumsi susu balita, atau yang ibu-ibu sering mengatakan mogok minum susu. Bagi sebagian besar ibu, mereka akan langsung khawatir karena mereka menganggap penting sekali balita mengkonsumsi susu formula terbaik. Mereka harus mencari cara bagaimana agar si kecil mau minum susu terbaik untuk balita lagi.

Sebenarnya ibu tidak perlu terlalu takut karena anak mogok makan itu biasa. Ibu yang perlu melakukan beberapa hal berikut.

 

  1. Ajak Jalan-Jalan
Mungkinkah si kecil bosan? Itu yang tidak banyak orang tua sadari. Anak bosan karena di rumah terus menerus. Sementara orang tua mungkin sibuk bekerja dan meninggalkan si kecil bersama pembantu. Ibu hanya bertemu dengan anak di sore atau petang. Pagi sudah pergi bekerja.
Jadi, ibu harus meluangkan waktu entah pada waktu liburan atau weekend untuk mengajak si kecil jalan-jalan keluar berkeliling kompeks sambil membawa makanan dan susu balita. Sama halnya dengan orang dewasa yang mood nya sedang tidak bagus. Mereka akan kehilangan nafsu makan. Dengan refreshing, si kecil akan mulai bergairah lagi untuk minum susu.
  1. Kurangi Cemilan
Banyak balita yang merasa kenyang karena sudah makan cemilan. Apalagi cemilan tersebut sudah mengandung susu walaupun kadarnya kecil. Untuk itu, ibu bisa mencoba untuk mengurangi cemilan dan lihat hasilnya, apakah si kecil sudah mulai mau minum susu lagi atau tidak.
  1. Periksa Mulut Si Kecil
Tahukah ibu balita terkadang susah makan dan susah minum susu balita terbaik karena mereka merasa kesakitan pada bagian mulut? Ada kemungkinan si kecil mengalami sariawan atau sedang tumbuh gigi sehingga merasa perih apalagi ketika terkena air.
Untuk itu, ibu perlu periksa mulut si kecil. Jika tidak yakin, ibu bisa membawa ke dokter anak untuk mencari tahu apakah ada gangguan pada mulut si kecil atau tidak.
  1. Atur Jadwal Pemberian Susu
Berapa kali dalam satu hari ibu memberikan susu balita terbaik? Menurut anjuran, sebaiknya balita ibu minum susu tiga kali sehari. Sayangnya, banyak ibu yang mengabaikan anjuran ini. Mereka memberikan ketika si kecil menangis dan lapar.
Inilah yang menjadi kesalahan kecil namun berakibat fatal. Anak akan susah makan jika terlalu banyak minum susu. Dan bukan tidak mungkin anak akan bosan dengan susu sehingga balita ibu menolak minum susu.
  1. Mengganti Susu Balita
Jika cara-cara tersebut di atas belum berhasil, langkah selanjutnya adalah mengganti susu balita. Mungkin ibu mengganti susu balita terbaik merk berbeda atau rasa yang berbeda.

Sebenarnya, anak yang susah minum susu balita itu tidak harus dikhawatirkan. Dan ibu jangan menganggap susu merupakan sumber nutrisi utama. Ketika si kecil sudah balita, maka sumber nutrisi utama bukan susu, melainkan makanan. Susu balita hanya suplemen saja.
Jika balita ibu mogok minum susu, ibu bisa menggantinya dengan berbagai jenis jus. Selain itu, perbanyak juga pemberian makanan yang variatif. Akan tetapi, ibu tetap harus mengusahakan agar si kecil mau minum susu. Untuk sementara waktu, ibu bisa ganti dengan jus baru kemudian ibu sedikit demi sedikit memberikan susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment