Sunday, January 3, 2016

Berapakah Kadar Kalsium yang Direkomendasikan di Setiap Susu Terbaik untuk Balita?

susu balita terbaik
Susu Balita Terbaik

Susu terbaik untuk balita mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan serta untuk perkembangan balita. Dua hal tersebut menjadi prioritas utama. Salah satu kandungan yang sangat penting adalah kalsium. Akan tetapi, apakah ibu tahu berapa kadar kalsium yang harus dicerna oleh si kecil setiap hari?


Pengetahuan tentang pentingnya nutrisi untuk balita itu sangat dibutuhkan. Namun, hal tersebut tidak cukup. Ibu juga harus tahu bagaimana memberikan gizi yang seimbang. Artinya, kadar nutrisi seperti protein, vitamin, dan juga kalsium harus seimbang.

Kali ini, ibu akan mempelajari berapakah kadar kalsium yang dibutuhkan si kecil setiap hari. Apakah ibu sudah memberikan kalsium cukup untuk sang buah hati?

Kadar Kalsium yang Dibutuhkan Balita

Kebutuhan kalsium setiap anak itu berbeda-beda, tergantung usianya. Jika anak ibu sudah masuk usia 1 tahun, maka kalsium yang dibutuhkan tubuh si kecil adalah 700 mg per hari. Kadar kalsium tersebut harus terpenuhi hingga usianya menginjak 3 tahun.

Sementara itu, ketika sang buah hati sudah masuk usia 4 – 8 tahun, kadar kalsiumnya bertambah, yaitu 1.000 mg per hari. Perbedaan tersebut dikarenakan kebutuhan tubuh terhadap kalsium yang berbeda. Semakin dewasa, tubuh si kecil membutuhkan lebih banyak kalsium agar memaksimalkan pertumbuhan tulangnya.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah susu balita terbaik yang ibu berikan kepada si kecil sudah mengandung kalsium sesuai dengan yang direkomendasikan? Sebenarnya, kalaupun kalsium itu tidak bisa didapatkan dari susu formula saja. Bahkan, lebih disarankan agar balita mendapatkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari makanan, bukan dari susu balita. Susu hanya dijadikan suplemen, bukan sumber utama. Ibu harus ingat si kecil bukan bayi lagi. Si kecil sudah berusia 1 tahun. Artinya, lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan sehingga tidak cukup hanya mengandalkan susu formula terbaik saja.

Untuk itu, ibu harus tahu jenis makanan apa saja yang mengandung kalsium tinggi untuk mencukupi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh si kecil. Berikut informasi selengkapnya.

Jenis Makanan Mengandung Kalsium Tinggi

Sebenarnya, banyak sekali jenis makanan yang mudah untuk didapatkan di sekitar yang mengandung kalsium. Contohnya saja bayam. Bayam tidak hanya mengandung vitamin yang tinggi, namun juga kalsium. Ibu bisa membuat sayur bayam untuk si kecil. Atau, jika balita ibu belum memiliki gigi sehingga belum bisa mengunyah makanan, ibu bisa mem blender bayam menjadi jus bayam. Supaya rasanya lebih enak, ibu bisa campurkan lobak. Lobak ini juga termasuk makanan yang mengandung kalsium yang tinggi.

Jika ibu ingin memberikan cemilan, maka keju bisa jadi pilihan. Keju mengandung kadar kalsium yang tinggi. Hanya saja, banyak sekali jenis keju yang ada di pasaran. Ibu harus memasikan keju yang ibu pilih merupakan keju yang terbaik untuk balita ibu.

Beberapa jenis makanan lain yang mengandung kalsium antara lain tahu, roti gandum, sereal, puding, dan yogurt. Jadi, ibu tidak harus mengandalkan susu balita saja. Ada banyak sekali jenis makanan lain yang mengandung kalsium. Dan yang pasti, ibu harus pintar membuat variasi makanan agar si kecil tidak bosan dan kebutuhan kalsium tercukupi.


Jadi, menu makanan apa yang akan ibu berikan hari ini? Apapun menu makanannya, ibu harus harus memastikan makanan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, terutama kalsium. Dan ibu harus ingat, kalsium tidak hanya bisa didapatkan dari susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment