Monday, February 1, 2016

Aktivitas Paling Seru untuk Membantu Tumbuh Kembang Balita


tumbuh kembang balita
Friso Indonesia
Tumbuh kembang balita bisa sangat optimal jika ibu memberikan stimulus yang tepat. Perkembangan sang buah hati tidak hanya dipengaruhi oleh nutrisi dari makanan atau susu yang ibu berikan, tapi juga dari aktivitas yang dilakukan setiap hari.
Oleh karena itu, ibu harus memikirkan aktivitas apa yang menyenangkan yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang balita. Dalam hal ini, ada tiga aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan bersama sang bauh hati.
  1. Berenang
Apa yang ibu lakukan dengan sang buah hati ketika weekend tiba? Jangan sampai waktu liburan hanya ibu habiskan di rumah saja ya. Ibu bisa mengajak si kecil untuk berenang.
Setidaknya ada dua keuntungan jika ibu mengajak balita berenang. Yang pertama, balita akan berinterkasi dengan orang atau balita lain. Biasanya, kolam renang dipenuhi oleh pengunjung ketika weekend tiba. Ini momen yang tepat agar balita mulai bersosialisasi dengan orang lain.
Yang kedua, berenang akan memaksimalkan pertumbuhan tulang. Para peneliti membuktikan bahwa berenang merupakan aktivitas yang tepat agar tulang balita tumbuh lebih cepat. Jadi, jika ibu ingin balita ibu tumbuh menjadi anak yang tinggi, biasakanlah mengajak si kecil untuk berenang, setidaknya pada waktu weekend.
Namun, bukan itu yang paling penting. Berenang merupakan aktivitas yang baik sekali untuk perkembangan balita secara umum.
  1. Membacakan Buku
Jangan pernah berpikir bahwa tumbuh kembang sang buah hati itu hanya perhubungan dengan fisik saja. Perkembangan otak juga harus diperhatikan. Jika ibu ingin memiliki balita yang sehat dan cerdas, biasakan ibu membacakan buku.
Tidak masalah apakah balita ibu sudah bisa membaca atau belum. Bahkan, jika balita ibu belum mulai belajar bicara, aktivitas membacakan buku ini sangat penting untuk mempercepat belajar bicara.
Ibu harus tahu semakin banyak jumlah kata yang didengar oleh balita ibu maka semakin cepat pula ia akan menirukan kata-kata tersebut. Itu artinya membacakan buku merupakan stimulus yang tepat agar si kecil cepat belajar bicara.
Namun, lebih dari itu, jika ibu membiasakan membacakan buku, balita ibu akan senang untuk membaca buku. Ketika dewasa nanti, ibu tidak perlu memaksa anak ibu untuk membaca buku. Anak akan terbiasa untuk melahap setiap buku yang ibu belikan. Bukankah semakin banyak baca buku semakin baik?
  1. Bermain di Taman Bermain Anak
Mulai sekarang tinggalkan kebiasaan bermain di dalam rumah. Mulailah mengajak sang buah hati untuk bermain di luar. Salah satu tempat yang tepat untuk memaksimalkan tumbuh kembang balita adalah taman bermain. Di tempat tersebut, ada banyak sekali wahana bermain anak. Balita akan belajar memanjat, meluncur, berayun, dan lain sebagainya.
Itulah mengapa penting sekali setiap kompleks perumahaan memiliki taman bermain anak. Tempat seperti ini sangat penting untuk memastikan balita yang tinggal di sekitar bisa bermain bersama balita yang lain. Dan yang pasti, jenis permainan di taman tersebut sangat baik sekali untuk perkembangan anak.
Lalu, aktivitas apa yang ingin ibu pilih hari ini? Jika ibu memang memperhatikan tumbuh kembang anak, peran ibu lah yang paling penting. Ibu bisa saja sudah memberikan makanan yang bergizi dan memilihkan susu balita terbaik. Namun, tanpa stimulus dari luar, perkembangan anak tidak bisa maksmimal. Dalam hal ini, peran ibu sebagai orang tua sangatlah penting untuk tumbuh kembang balita.

No comments:

Post a Comment