Friday, February 5, 2016

Penyabab Si Kecil Bosan Mengkonsumsi Susu Balita



susu balita
Friso Indonesia


Susu balita memang penting untuk perkembangan sang buah hati. Namun, bagaimana jika balita ibu menolak minum susu?Kejadian seperti ini sering sekal terjadi. Tidak sedikit balita yang mogok minum susu. Ibu bukan satu-satunya orang tua yang memiliki balita tidak mau minum susu formula lagi. Yang perlu ibu lakukan hanya membuatnya mau kembali mengkonsumsi susu balita.


Namun, sebelum itu, ibu harus tahu dulu beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab balita mogok minum susu formula.
Kenapa Balita Mogok Minum Susu
Memang setiap ibu memiliki kasus yang berbeda. Namun, secara umum, beberapa balita mogok minum susu formula dikarenakan orang tua sudah mulai memberikan minuman manis, bukan susu.
Apakah ibu sudah pernah memberikan teh manis untuk sang buah hati? Jika akhirnya balita ibu menolak mengkonsumsi susu balita, bisa jadi hal tersebut dikarekanan ibu sudah memberikan kesempatan untuk si kecil mencoba mengkonsumsi minuman yang lebih manis.
Jika dirasakan, teh manis jelas lebih enak dan disukai oleh si kecil. Secara naluri, kebanyakan balita akan lebih suka dengan teh manis. Sayangnya, jika hal tersebut ibu lakukan, kemungkinan besar balita ibu akan mulai menolak minum susu.
Itulah mengapa balita sebaiknya dibatasi konsumsi minuman manis. Pastikan susu balita menjadi minuman utama. Sesekali ibu bisa memberikan minuman lainnya selain susu. Namun, ibu tidak boleh terlalu sering melakukan hal tersebut.
Selain itu, ada kemungkinan juga si kecil bosan dengan rasa susu formula yang ibu pilihkan. Memang riskan sekali untuk memberikan susu balita dengan rasa yang berbeda. Ibu pasti khawatir si kecil tidak mau minum susu dengan rasa yang beda dengan yang biasanya.
Akan tetapi, jika justru balita mogok minum susu, tidak salah jika ibu memilih susu formula dengan rasa yang berbeda karena mungkin saja sang buah hati bosan dengan rasa susu yang selama ini ibu berikan.
Sekali lagi, mungkin saja ada alasan lain kenapa balita mogok minum susu. Namun, dua alasan tersebut di atas sering menjadi penyebab anak mogok minum susu balita.
Mengatasi Balita yang Mogok Minum Susu
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai hal-hal yang sering menyebabkan balita mogok minum susu, ibu juga sekaligus mendapatkan solusi untuk mengatasi balita yang tidak mau minum susu ini seperti jangan terlalu sering memberikan minuman manis dan mengganti susu dengan rasa yang berbeda.
Namun, selain itu, ibu juga harus pastikan ibu memilih susu balita yang mengandung tinggi protein. Menurut penelitian, protein tidak hanya untuk menaikkan berat badan si kecil serta mengoptimalkan fungsi saraf dan otaknya, tapi protein juga mengontrol nafsu makan si kecil.
Harus dipahami juga bahwa ada kemungkinan balita kehilangan nafsu makan. Ia pun tidak mau minum susu. Dengan memberikan susu yang tinggi protein, nafsu makan si kecil normal kembali sehingga pola makan serta pola minum susu kembali seperti sediakala.
Yang pasti, ibu juga harus memilihkan jenis susu balita yang rendah gula. Tidak ada gunanya jika ibu memberikan susu tinggi protein namun kadar gulanya juga tinggi. Selain si kecil akan dihantui dengan obesitas, gula juga ternyata membuat balita ibu cepat kenyang dan cenderung menolak untuk makan dan minum susu.
Semoga ada ilmu yang bisa ibu dapatkan dari tulisan ini. Jagalah terus kesehatan sang buah hati dengan memberikan makanan yang sehat serta minum susu balita.

No comments:

Post a Comment