Thursday, February 4, 2016

5 Hal yang Harus Ibu Pertimbangkan Ketika Memiliih Susu Balita

susu balita
Friso Indonesia

Susu balita di pasaran jumlahnya sangat banyak. Hal ini memberikan setidaknya dua konsekuensi terhadap ibu sebagai konsumen. Yang pertama, ibu akan mendapatkan produk dengan harga yang kompetitif.

Setiap produsen susu formula berlomba-lomba memberikan penawaran yang terbaik dengan cara mematok harga produk susu mereka dengan harga yang terjangkau. Namun, ada konsekuensi lain, yaitu ibu sebagai konsumen semakin bingung untuk mementukan mana susu balita terbaik.
Untuk itulah penting sekali ibu harus tahu apa saja yang harus ibu pertimbangkan ketika ingin memilihkan susu anak untuk sang buah hati. Apa sajakah hal yang perlu ibu pertimbangkan?
1.     Nutrisi
Pertanyaan pertama yang harus ibu tanyakan kepada diri ibu sendiri adalah apa sajakah kandungan nutrisi yang ada di dalam susu balita. Walaupun susu bukanlah sumber utama bagi balita, peran susu untuk tumbuh kembang balita sangatlah penting. Untuk itu, ibu harus pastikan susu yang ibu pilih mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh si kecil untuk pertumbuhannya.
2.     Kandungan Gula
Tahukah ibu ada beberapa jenis susu balita? Salah satunya adalah jenis susu balita rendah gula. Jenis susu yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dipilih. Pasalnya, banyak sekali kasus di mana balita mengalami obesitas atau kegemukan. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi susu balita mengandung gula yang cukup tinggi.
Satu hal yang harus dipahami bahwa balita yang mengalami obesitas rentan sekali terkena penyakit yang lain seperti penyakit jantung dan disfungsi organ tubuh. Bahkan, balita menderita obesitas kemungkinan besar akan mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan obesitas ketika dewasa nanti. Untuk itu, penting sekali untuk memilih susu balita yang kadar gulanya rendah.
3.     Kehigienisan
Apakah ibu tahu susu seperti apa yang higienis? Pertama-tama, perhatikan bungkusnya. Susu yang higienis memiliki bungkus yang rapat dan sedikit lebih tebal. Akan lebih baik jika ibu memilih susu formula yang dibungkus di dalam kaleng.
Selain itu, susu formula yang higienis juga dilengkapi dengan sendok khusus untuk mengambil susu. Sendok tersebut dimasukkan ke dalam produk dengan harapan sendok tersebut tidak dimasukkan ke dalam air ketika ibu menyiapkan susu untuk si buah hati hati sehingga susu akan selalu higienis.
4.     Tanggal Kadaluarsa
Satu hal yang sering disepelekan ketika konsumen membeli susu balita. Yang harus ibu pahami adalah tidak semua penjual susu yang memperhatikan tanggal kadaluarsa. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika ibu memperhatikan tanggal kadaluarsa susu yang ibu akan beli.
Selain itu, sebaiknya ibu juga memilih produk susu formula yang tanggal kadaluarsanya lama. Ini artinya susu yang ibu pilih termasuk susu yang tidak lama diproduksi. Ini akan menjamin bahwa susu tersebut kualitasnya masih bagus.
5.     Harga
Untuk yang satu ini, memang tidak seharusnya menjadi kriteria utama susu balita terbaik. Hal ini dikarenakan bukan berarti harga mahal kualitasnya bagus.
Akan tetapi, setidaknya ada hukum ekonomi di mana produk yang dijual dengan harga yang mahal karena produsen memperhatikan betul bahan-bahan serta proses produksi sehingga memerlukan dana yang tidak sedikit. Hal ini membuat harga produk susu pun sedikit lebih mahal.
Semoga informasi ini bisa membuat ibu tidak bingung lagi memilih susu formula untuk sang buah hati. Apakah selama ini ibu menggunakan pertimbangan tersebut di atas ketika memilih susu balita.


No comments:

Post a Comment