Thursday, February 25, 2016

Rangsang Tumbuh Kembang Balita lewat Aktivitas Outdoor yang Aman dan Menyenangkan


Tumbuh kembang balita bukanlah hal yang bisa secara sembarang dan tidak mendetail. Pasalnya, kesehatan balita tidak hanya bergantung pada bagaimana anda memberikan asupan yang kaya nutrisi saja tetapi jauh lebih daripada itu adalah bagaimana anda merawat dan memberikan kenyamanan pada si kecil.



Perawatan yang anda lakukan biasanya hanya dilakukan dirumah. Dengan memandikannya serta memberikannya pakaian yang bersih dan layak anda sudah merasa cukup. Namun hal tersebut tidak demikian adanya, artinya anda harus memberikan perawatan balita anda dengan mengajaknya pergi ke luar dari area rumah.


Nah, jika anda berniat untuk mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas outdoor ada baiknya anda memerhatikan usia dan kondisi fisik si kecil. Pasalnya jika terlalu dini atau baru berusia beberapa minggu sebaiknya anda menunggu setidaknya si kecil berusia 4 hingga 6 bulan.

Faktanya dengan mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas diluar sangatlah efektif sebagai stimulan untuk merangsang tumbuh kembang balita dan juga menyenangkan. Biarkan ia mampu untuk mengenal lingkungan sekitarnya dan juga mengasah penglihatan dan perkembangan motoriknya.

Moms harus sangat bersyukur apabila memang memiliki taman bermain di dekat rumah. Karena ini berarti anda akan dengan mudah untuk mengajaknya beraktivitas diluar tanpa memerlukan tenaga untuk menjangkau tempat tinggal anda. Nah, bagi anda yang tidak memiliki taman bermain di dekat rumah, teras atau halaman belakang rumah bisa juga dijadikan pilihan. Karena bagaimana pun lahan yang terbatas tidak menjadi kendala untuk mengajaknya beraktivitas diluar.

Jenis Aktivitas Diluar untuk Balita

Sebenarnya ada beragam jenis aktivitas yang bisa dipilih sebagai aktivitas outdoor bagi si kecil. Nah, jika moms sudah memiliki balita yang usianya berkisar sekitar 16 minggu hingga 24 minggu, anda sudah bisa mulai mengajaknya ke taman bermain dekat rumah atau setidaknya ke halaman belakang rumah sebagai alternatif kegiatan yang merangsang tumbuh kembang balita.

Berikut adalah pilihan aktivitas yang dapat menjadi referensi bagi anda  


  • Jalan Santai

Meskipun balita anda masih belum mampu untuk berjalan sendiri, tuntun ia untuk berjalan santai dengan area pijakan yang tidak keras dan terlalu licin. Disini pengawasan dari anda sangatlah penting, mengingat tujuan anda adalahnya memberinya efek relaksasi dan tidak mudah bosan apabila terlalu sering beraktivitas di dalam rumah. Selain itu, balita anda akan dengan mudah untuk menghirup udara segar dan melihat lingkungan sekelilingnya. Anda pun dapat sembari memberikan susu anak 1 tahun kesukaan buah hati anda saat si kecil duduk di taman bersama anda.


  • Mengajaknya Bermain Papan Seluncur (dengan pengawasan)
Nah moms, anda pun juga bisa memberi izin untuknya mencoba papan seluncur atau perosotan. Lagi – lagi, dalam memberikannya anda harus senantiasa untuk terus mengawasinya dengan tetap untuk memegangnya. Fisiknya masih terlalu lemah untuk melakukan permainan demikian. Namun, ketika memberikannya aktivitas di luar anda juga tidak boleh terlalu berhati – hati atau terlalu longgar. Berikan pengawasan sewajarnya saja agar anak tetap aman dan mampu bereksplorasi dengan lingkungannya.


  • Bermain Air
Anda pun juga dapat mengajaknya bermain air. Ya, aktivitas ini sangat cocok dilakukan di teras atau halaman belakang rumah. Beli lah kolam portable dan isi dengan air yang tidak terlalu dalam sehingga ia masih bisa menikmati aktivitas permainan airnya. Air disinyalir mampu melemaskan otot dan memberi efek rileks pada tubuh balita. Tubuh balita yang ototnya tidak tegang membantunya untuk belajar banyak hal yang melibatkan otot – otot tubuh seperti duduk dan berjalan bahkan berlari sekalipun.


  • Bermain Ayunan Sambil Menggendongnya
Moms, anda pun dapat mencoba untuk menaiki ayunan di taman bermain tersebut sembari menggedongnya. Gerakan ayunan yang mengayun dan memberikan efek angin sepoi membuat si kecil senang dan mengekspresikan kebahagiannya lewat tertawa. Kebahagian yang terpancar lewat kegiatan ini membantunya untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.


Ya, keempat aktivitas tersebut bisa mulai anda terapkan sejak sekarang, karena bagaimana pun si kecil harus diasah mulai dari otot hingga panca indera seperti penglihatan dan pendengarannya. Dan kesemuanya itu dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas diluar rumah dan menjadi kegiatan yang mampu merangsang tumbuh kembang balita yang sangat mengasyikkan. Selamat bersenang – senang!

No comments:

Post a Comment