Tuesday, June 21, 2016

Tips Agar Si Kecil Semakin Suka Minum Susu Balita Terbaik

susu balita terbaik
Friso Indonesia

Sedih sekali jika melihat balita tidak mau minum susu. Pasti ibu sangat khawatir jika ada tanda-tanda di mana balita mulai tidak suka minum susu.



Jangan sampai hal tersebut sudah terjadi dan ibu menyesalinya. Ibu harus tahu bagaimana agar anak semakin suka minum susu balita terbaik. Karena susu salah satu sumber nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil.

Lalu apa yang harus ibu lakukan agar balita semakin suka minum susu?

Mengganti Rasa Susu
Ada banyak orang tua yang khawatir jika ingin mengganti rasa susu. Mereka takut jika anak justru tidak suka dan tidak mau lagi minum susu.

Kekhawatiran tersebut memang cukup beralasan. Hanya saja, jika ibu tidak membiasakan si kecil minum susu dengan rasa yang berbeda, ia justru akan bosan minum susu dengan rasa yang selalu sama.

Mana yang ibu pilih? Mengganti susu dengan rasa yang berbeda juga membuat anak mengenal berbagai jenis rasa. Jadi, pada waktu dewasa nanti, ia terbiasa mencicipi minuman atau makanan dengan rasa yang berbeda.

Menggunakan Cara yang Berbeda
Jika selama ini ibu memberikan susu balita menggunakan botol, maka sekali-kali ibu menyajikan susu dengan cara yang berbeda. Akan lebih baik jika ibu menyajikan susu untuk balita menggunakan gelas. Hal ini sangat penting agar ketika ia dewasa nanti ia mudah untuk tidak minum susu melalui botol.

Ibu bisa coba membeli gelas yang cantik. Gelas dengan warna yang cerah dan berbeda-beda akan membuat anak semakin tertarik dan semangat mengkonsumsi susu balita.

Awalnya memang susah untuk meminta balita minum susu menggunakan gelas. Akan tetapi, ibu harus membiasakan hal tersebut.

Menambahkan Rasa Pada Susu
Ibu juga bisa berkreasi membuatkan minuman untuk sang buah hati. Ibu bisa tambahkan buah tertentu agar rasa susu balita berbeda.

Akan tetapi, yang paling disarankan adalah menambahkan madu pada susu. Kebanyakan balita suka karena susu menjadi lebih manis. Manis yang ditimbulkan oleh madu tentu saja tidak berbahaya. Berbeda dengan manis yang disebabkan oleh gula.

Dalam hal ini, ibu tidak boleh menambahkan gula karena sebenarnya sudah ada gula di setiap susu balita. Hanya saja kadar gula sangat sedikit karena disesuaikan dengan anjuran ahli gizi balita. Balita yang mendapatkan asupan gula berlebihan akan membuatnya beresiko mengalami kegemukan. Jelas hal tersebut tidak ibu inginkan, bukan?

Jadi, solusi yang paling bagus adalah menambahkan madu. Susu balita akan semakin manis tanpa memberikan efek buruk untuk kesehatan balita.

Mengatur Waktu Pemberian Susu
Tips yang satu ini juga tak kalah penting. Ibu harus mengatur kapan waktu memberikan susu setiap hari. Terlalu sering dan jarak minum susu terlalu dekat akan membuat anak mudah bosan. Itulah mengapa ibu harus mengatur pada jam berapa balita minum sisi di pagi, siang dan malam hari. Semuanya harus sesuai dengan jadwal.

Bagaimana jika anak sudah merasa haus padahal belum saatnya minum susu? Kondisi tersebut sangat sering terjadi terutama ketika udara sangat panas. Namun, tetap saja ibu tidak boleh memberikan susu jika tidak pada waktunya. Ibu bisa menggantinya dengan memberikan air putih atau jus buah.


Semoga tips tersebut di atas membuat balita ibu semakin semangat minum susu. Jangan sampai ibu merasa bersalah ketika si kecil tiba-tiba tidak mau minum susu balita.

No comments:

Post a Comment