Thursday, June 23, 2016

Jangan Ragu Mengganti Rasa Susu Balita Terbaik. Ini Alasannya


susu balita terbaik
Friso Indonesia

Apakah boleh mengganti susu balita dengan rasa yang berbeda? Banyak sekali ibu yang menanyakan hal tersebut. Mungkin mereka khawatir jika balita diberi susu dengan rasa yang berbeda dengan yang selama ini si kecil konsumsi.



Kekhawatiran tersebut sangat beralasan. Akan tetapi, ibu perlu ragu. Bahkan, sangat dianjurkan agar orang tua mengganti rasa susu. Yang penting, ibu tetap memilihkan susu balita terbaik.

Berikut beberapa alasannya kenapa justru dianjurkan mengganti rasa susu yang si kecil konsumsi.

Mengenalkan Rasa yang Berbeda
Saat anak ibu masih kecil, pada saat itulah waktu yang tepat untuk mengenalkan berbagai rasa yang berbeda. Hal ini sangat penting agar balita ibu tidak hanya mengenal beberapa rasa saja.

Ibu justru akan menyesal ketika anak sudah dewasa tapi menolak mengkonsumsi makanan atau minuman dengan rasa yang berbeda. Karena tidak terbiasa, maka ia akan menolak.

Untuk itulah saat yang tepat untuk mengenalkan berbagai rasa adalah ketika ia masih mengkonsumsi susu balita. Ibu bisa ganti setiap satu bungkus susu sudah habis.

Agar Anak tidak Bosan
Ibu pernah dengar anak tiba-tiba tidak mau minum susu? Mogok minum susu bisa disebabkan banyak faktor. Ada yang disebabkan oleh masalah yang muncul di dalam mulut ada juga dikarenakan anak mulai bosan dengan susu yang setiap hari ia konsumsi.

Untuk mencegah faktor yang kedua ini, ibu mulai sekarang perlu mengganti rasa susu yang berbeda. Jangan sampai si kecil merasa bosan dan akhirnya mogok minum susu sebelum ibu mengenalkan dengan susu balita rasa yang berbeda.

Terlepas dari itu sumua, ketika balita mogok minum susu, ibu perlu melakukan beberapa riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Riset tersebut diperlukan untuk memastikan kenapa anak mogok minum susu balita. Dengan demikian, ibu bisa mencari solusi yang tepat.

Bisa juga rasa bosan karena ibu selalu menyajikan susu balita yang terbaik dengan menggunakan botol. Sesekali ibu bisa mencoba menyajikan susu dengan menggunakan gelas atau botol dengan bergambar.

Merangsang Bicara Anak
Sekilas tidak ada hubungan antara susu balita sebagai rangsangan bicara anak. Akan tetapi, ada lho hubungannya jika ibu tahu.

Ketika ibu mengenalkan rasa susu yang berbeda, otomatis ibu juga bisa mengajarkan kosakata baru kepada si kecil. Ibu bisa mengajari si kecil untuk mengingat-ingat rasa susu yang berbeda.

Katakan saja “ini rasa coklat” “ini rasa stroberi” dan lain-lain. Sehingga ketika ibu memberikan susu dan ibu bertanya rasa susu yang ibu berikan, si kecil akan merespon dengan mengucapkan rasa susu walaupun terkadang salah.

Bukan masalah benar atau salah. Yang terpenting adalah si kecil sudah mengenal kosakata yang baru dan bisa mengucapkannya.

Jadi, masih ragu untuk mengganti rasa susu balita? Seharusnya tidak ada keraguan apapun. Asalkan ibu sudah memastikan susu yang ibu pilih merupakan susu balita yang terbaik, maka ibu bebas memilih rasa apapun.


Awalnya mungkin si kecil akan mengalami diarea atau konstipasi. Hal tersebut wajar karena ada kandungan yang mungkin baru pertama kali dicerna oleh sistem pencernaannya seperti rasa coklat atau rasa buah stroberi. Namun, ibu tidak perlu khawatir. Ini sama seperti ketika ibu pertama kali mengenalkan susu kepada si kecil. Ia hanya perlu waktu untuk menyesuaikan dengan susu balita yang terbaik dengan rasa yang baru.

No comments:

Post a Comment