Monday, June 6, 2016

Terlalu Banyak Minum Susu Balita Terbaik Justru Bikin Kurus


Jika mau gemuk, anak harus banyak minum susu. Itu merupakan nasehat kuno. Orang dahulu selalu mengindentikkan susu sebagai minuman yang bisa menggemukkan badan. Padahal tidak demikian.



Susu ada yang menggemukkan ada juga yang tidak. Susu untuk balita tidak akan membuat anak gemuk apalagi kegemukan atau obesitas. Jika anak ibu mengalami obesitas, maka ibu jangan mengurangi porsi susunya. Ibu hanya perlu mengganti dengan susu balita terbaik.

Susu balita yang bagus tidak mengandung banyak gula. Gula inilah yang menjadi penyebab kegemukan pada balita. Dan kandungan gula inilah yang membuat masyarakat memberikan nasehat “jika mau gemuk, anak harus banyak minum susu.”

Sekarang ini sangat disarankan agar kandungan gula di dalam susu anak itu sedikit. Gula tidak bagus untuk perkembangan balita.

Yang sebenarnya terjadi susu balita itu justru bisa membuat badan kurus, bukan gemuk. Selain karena kandungan gulanya yang rendah, ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab kenapa susu balita dianggap sebagai penyebab badan anak menjadi kurus.

Akibat Minum Susu
Sebelumnya menjelaskan bagaimana bisa susu balita yang terbaik justru membuat badan balita kurus, ibu harus tahu disclaimernya.

Memang ada beberapa balita yang badannya gemuk lantaran mengkonsumsi terlalu banyak susu balita. Namun, sebenarnya gemuknya badan anak tersebut tidak berlangsung lama. Saat ia dewasa nanti, tubuhnya akan mengecil. Tahu kenapa? Karena ia gemuk bukan karena protein tapi karena gula dan lemak.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kandungan gula susu terbaik untuk balita harusnya rendah. Oleh sebab itu, jika balita gemuk gara-gara minum susu, mungkin saja susu tersebut mengandung gula yang sangat banyak. Apa itu bisa dikategorikan susu balita yang terbaik.

Kata terbaik itu disematkan karena susu mengandung nutrisi yang seimbang, bukan justru membuat akan mengalami masalah dengan berat badan berlebihan. Berbeda jika minum susu balita yang terbaik. Terlalu banyak minum susu justru malah akan membuat tubuh kurus.

Kenapa demikian? Sebenarnya bukan karena kandungan gulanya yang rendah. Ini disebabkan anak akan cenderung merasa kenyang sehingga malas atau susah makan.

Padahal, ibu harus tahu nutrisi yang paling banyak didapatkan oleh balita itu dari makanan lho. Ingat apa kata dokter anak. Saat si kecil sudah menginjak balita, semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan. Dan nutrisi dari susu saja tidak cukup. Itulah mengapa sumber utama nutrisi untuk balita itu tidak lagi dari susu, namun dari makanan.

Nah, sekarang ibu bisa bayangkan bagaimana jika balita hanya mau minum susu saja tapi tidak mau makan. Tentu saja lambat laun tubuhnya akan menjadi kurus. Apalagi kandungan nutrisi di dalam susu tidak terlalu banyak.

Susu hanya memastikan balita mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya dalam jumlah yang seimbang. Sementara itu, nutrisi selengkapnya harus didapatkan dari menu makanan.

Ibu yang Bijak Akan Melakukan Hal Ini
Sekarang apa yang seharusnya ibu lakukan? Bukan berarti melarang anak minum susu balita yang bagus ya. Tetap saja ibu harus memberikan susu yang terbaik untuk anak. Hanya saja porsinya harus sesuai dengan ketentuan. Balita usia 1 tahun bisa minum susu anak 3 kali sehari. Untuk balita 2 tahun ke atas, sebaiknya dikurangi lagi porsi minum susunya ya.


Hal ini tidak lain untuk mencegah anak kehilangan nafsu makan. Bisa berbahaya jika anak malas makan. Badannya akan kurus. Jadi, ibu harus bijak agar bisa memberikan segala manfaat dari susu untuk balita ibu.

No comments:

Post a Comment