Wednesday, June 22, 2016

BB Si Kecil Rendah. Bolehkah Memberikan Lebih Banyak Susu Balita Terbaik?

Banyak orang tua yang bingung kenapa berat badan (BB) balita mereka rendah. Sedih rasanya jika melihat sang buah hati memiliki berat badan rendah. Lalu, apa yang harus ibu lakukan jika hal tersebut terjadi pada balita ibu?



Kebanyakan orang tua akan menambah porsi pemberian susu balita terbaik. Mereka menganggap susu akan mempercepat naiknya berat badan sang buah hati. Ibu sepakat dengan hal tersebut?

Sebelum mengambil keputusa, sebaiknya ibu ketahui dulu kenapa balita memiliki berat badan yang rendah.

Berat Badan Balita Rendah yang Wajar
Mungkin ibu merasa sudah memberikan susu balita yang terbaik dan selalu menyiapkan menu makanan yang bernutrisi tingg. Balita ibu juga sangat lahap dan banyak saat mengkonsumsi makanan. Hanya saja ibu tidak habis pikir kenapa berat badannya rendah.

Kasus semacam ini sering terjadi. Hal ini dialami oleh banyak sekali balita di luar sana. Jadi, ibu tidak perlu khawatir.

Kasus seperti itu sangat wajar. Apalagi jika balita ibu sangat aktif. Ia senang sekali berjalan dan mengeksplorasi apa saja yang ada di dalam rumah. Jadi, nutrisi yang dibutuhkan digunakan untuk beraktivitas setiap hari sehingga berat badannya susah naik.

Maka tidak heran jika ada balita yang sepertinya semakin kurus jika dibandingkan saat ia masih bayi. Tentu saja beda. Saat bayi ia hanya minum ASI tanpa bergerak sama sekali. Sementara itu, saat sudah balita, ia seolah-olah tidak berhenti bergerak kecuali ketika sudah mengantuk.

Jadi, jangan salahkan susu balita yang ibu pilih. Semua susu balita itu bagus. Kandungannya sudah ditentukan oleh para ahli kesehatan.

Yang harus ibu lakukan adalah bagaimana agar balita ibu mendapatkan lebih banyak nutrisi karena ia sangat aktif setiap hari. Semakin aktif maka balita membutuhkan semakin banyak nutrisi. Ini hokum alam. Semakin banyak yang keluar, harus semakin banyak pula yang harus dimasukkan.

Bolehkah Memperbanyak Porsi Susu Balita?
Sekarang kembali ke persoalan utama. Saat berat badan balita rendah, bolehkan ibu memperbanyak porsi susu balita?

Sebenarnya sah-sah saja memberikan lebih banyak porsi susu untuk balita. Hanya saja, ada catatan yang harus ibu ketahui.

Terlalu banyak memberikan susu dikhawatirkan membuat balita ibu tidak mau makan. Ia merasa sudah kenyang dengan hanya minum susu saja sehingga ia susah makan. Tentu ini resiko terburuk yang mungkin saja terjadi.

Akan lebih baik jika ibu memperhatikan menu makanan balita setiap hari. Ibu bisa siapkan makanan yang kaya kandungan protein. Karena protein yang tinggi akan membuat berat badan balita naik secara signifikan.

Ibu harus tahu juga bawasannya sumber nutrisi utama balita itu bukan susu, melainkan makanan. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu coba dulu memberikan menu makanan yang mengandung tinggi protein setiap hari.

Ada beberapa sumber protein yang bisa ibu sajikan seperti daging, brokoli, buah alpukat, dan lain sebagainya. Jadi, ibu bisa mengganti menu makanan setiap hari agar si kecil tidak bosan.

Sementara itu, ibu bisa sedikit menambahkan porsi susu balita. Yang penting, jangan sampai pemberian susu anak yang lebih banyak membuat si kecil mogok makan.

Jadi, ibu harus bijak dalam menentukan sikap terutama yang berhubungan dengan balita. Ibu harus tahu apa saja dampak yang bisa terjadi jika ibu melakukan sesuatu. Dengan demikian, ibu bisa memastikan tumbuh kembang balita baik.


No comments:

Post a Comment