Sunday, July 24, 2016

Susu Balita Terbaik Bukanlah Susu Murni, Apa Alasannya?

susu balita terbaik
Ibu dan Balita

Asumsi mengenai susu murni itu terbaik tidaklah seenuhnya benar sehingga para ibu wajib berhati-hati ketika ingin memberikannya pada anak. Lalu apa sih susu balita terbaik yang sebaiknya diberikan?



Memilih susu harusnya terbaik dari yang terbaik. Artinya, tidak hanya terbaik bagi bagian tubuh tertentu saja, namun baik untuk keseluruhan tubuh.

Kriteria baik untuk keseluruhan tubuh adalah bilamana susu balita tersebut memiliki keseluruhan gizi yang dibutuhkan oleh balita.

Nah, pada ulasan kali ini, susu yang akan diulas adalah susu yang diperuntukkan untuk buah hati yang belum genap berusia 1 tahun.

Buah hati yang masih dalam masa ini masih sangat rentan, dan perlu asupan gizi yang benar-benar terbaik. Atau benar-benar dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya secara sempurna.

Apabila tidak terpenuhi, kemungkinannya untuk sehat atau tumbuh kembangnya normal sangatlah kecil.

Mengingat tumbuh kembangnya yang harus dicermati, maka pemilihan susu murni kurang baik jika diberikan. Apa alasannya? Mari perhatikan ulasannya di bawah ini!

Alasan Mengapa Susu Murni Kurang Baik Untuk Bayi Belum Genap  1 Tahun
Perlu digarisbawahi, bayi belum genap 1 tahun masih sangat membutuhkan asupan nutrisi terbaik dari ibunya.

Apabila diganti dengan susu murni, maka dikhawatirkan akan muncul permasalahan baru. Misalnya, tumbuh kembang tidak cepat. Bahkan yang terparah akan membuat buah hati tidak sehat.

Walaupun kenyataannya susu murni adalah susu berkualitas, namun masih belum cocok dimanfaatkan oleh buah hati yang masih belum genap usia 1 tahun.

Alasannya adalah susu batita ini mengandung protein yang berbeda dengan susu yang dibutuhkan oleh bayi.

Perbedaan jenis protein ini nantinya akan menyebabkan sistem pencernaan buah hati kurang baik. Pasalnya, kesiapan pencernaan bayi belum genap usia 1 tahun ini belum sampai pada masanya.

Namun bila dipaksakan karena alasan ASI yang tidak deras / sedikit, maka para ibu bisa memberikan susu bayi terbaik yang mengandung nilai gizi seperti protein, vitamin dan nilai gizi lainnya. Ini semuanya bisa dicermati dari produk susu yang dijual di sekitar.

Ketika memberikan asupan tersebut, pastikan juga untuk melihat reaksi buah hati. Jika reaksinya berlebihan misalnya perut anak kembung atau BAB nya cair, maka hentikan saja. Keadaan tersebut menunjukkan bahwa anak masih belum siap sistem pencernaannya.

Lalu, Apa Susu Yang Terbaik Untuk Bayi Usia 1 Tahun?
Susu terbaik selalu mengandung nilai gizi baik, dan cocok ketika dimanfaatkan oleh buah hati. Sayangnya, fase perubahan bentuk atau usia anak ikut berpengaruh juga. Maksudnya, menentukan susu mana yang sebaiknya diberikan untuknya.

Jika berbicara mengenai susu terbaik untuk bayi usia di bawah 1 tahun, maka ASI lah yang terbaik dari yang terbaik.

Selain menyusui adalah kodrat seorang ibu, ASI lah yang bakalan menentukan tumbuh kembang sempurna buat buah hati tersayang. Karena memang ASI sangatlah cocok untuk bayi tersebut.

Supaya para ibu bisa memiliki kelancaran dalam memberikan ASI untuk buah hati, sudah sepatutnya jika para ibu juga menjaga asupan makanan. Misalnya, makan secara teratur, kemudian menyeleksi makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Setelah menginjak usia lebih dari 1 tahun, baru para ibu boleh memberikan sedikit demi sedikit susu formula bayi agar buah hati tidak kaget / mengalami masalah sistem pencernaan seketika.

Kesimpulannya, ibu yang sayang pada buah hati selalu memperhatikan nilai gizi anaknya. Dan susu terbaik untuk balita yang bernilai gizi sempurna jelas berasal dari ASI.


No comments:

Post a Comment