Thursday, July 28, 2016

Sajikan Dua Gelas Susu Balita Terbaik Setiap Hari, Bukan Dua Botol

susu balita terbaik
Ibu dan Balita

Tidak sedikit balita yang ketika sudah masuk PAUD (pendidikan anak usia dini) masih saja minum susu dengan botol.



Orang tuanya pasti sangat malu karena seharusnya balita mereka sudah bisa mengkonsumsi susu dengan menggunakan gelas, bukan botol atau dot.

Untuk itu, penting sekali untuk mengajarkan si kecil untuk mengkonsumsi susu balita terbaik dengan menggunakan gelas, bukan botol. Kebiasaan ini seharusnya mulai dilakukan ketika si kecil memasuki usia 1 tahun.

Jangan Terlambat
Sebenarnya, sudah ada panduan tentang tumbuh kembang anak. Ada tahap-tahap perkembangan yang dijelaskan secara gamblang. Begitu juga tentang kapan harus melatih si kecil agar mulai mengkonsumsi makanan dan minuman layaknya orang dewasanya.

Ibu pasti tahu kapan seharusnya memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI, bukan? Tapi, tahukah ibu kapan seharusnya memberikan susu balita dengan menggunakan gelas? Untuk informasi yang satu ini, kebanyakan ibu tidak tahu.

Saat usia anak 1 tahun, saat itulah ibu seharusnya mulai mengajarkan kepada si kecil agar minum susu menggunakan gelas. Awalnya sangat sulit karena balita ibu terbiasa menggunakan dot.

Tapi, namanya juga belajar. Ibu harus sabar mengajarkan agar balita ibu mengkonsumsi susu dengan menggunakan gelas. Jangan sampai terlambat. Jika terlambat, ibu juga akan kerepotan nantinya.

Ibu akan susah sekali menghentikan memberikan ASI saat usianya 2 tahun nanti. Hal ini disebabkan si kecil tidak bisa lepas dari dotnya tersebut.

Minum Susu dengan Gelas Menjadi Penentu
Sebenarnya, mengajarkan si kecil agar mau minum susu dengan gelas bukan hal yang sepele. Ini sangat penting. Karena secara tidak langsung, ibu mengajarkan agar ia percaya diri.

Pada dasaranya balita ingin sekali meniru apa saja yang dilakukan oleh orang dewasa. Hanya saja, karena mereka tidak tahu bagaimana caranya, maka mereka tidak berani.

Lihat saja saat balita ibu sudah berusia 1,5 tahun. Pasti ia sudah mulai menirukan kegiatan yang ibu lakukan seperti memasak, membersihkan rumah, berdandan, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu untuk mengajarkan pelajaran yang satu ini, yaitu minum susu dengan mengguanakan gelas.

Ini akan menjadi penentu. Banyak balita yang menangis saat ia sudah tidak masanya minum ASI tapi tetap saja mau minum ASI, yaitu pada usia 2 tahun. Hal ini disebabkan balita tersebut belum bisa lepas dari penggunaan botol dot.

Jadi, jelas sudah bawasannya perkembangan balita sangat bergantung pada kebiasaan yang ibu ajarkan. Tak salah jika ibu sedini mungkin mengajarkannya agar minum susu balita yang terbaik menggunakan gelas, bukan botol.

Tahap Mengajarkan Anak Mengkonsumsi Susu dengan Gelas
Saat si kecil berusia 1 tahun, disarankan mengurangi pemberian susu. Cukup dua kali saja setiap hari. Akan tetapi, kalaupun mencapai 3 kali, itupun tidak masalah.

Yang terpenting, ada waktu di mana ibu memberikan susu balita dengan menggunakan gelas, bukan botol. Seperti contoh, di pagi hari setelah sarapan, ibu bisa memberikan susu dengan gelas. Sementara itu, di malam hari ketika ia mau tidur, ibu baru bisa memberikan susu dengan menggunakan botol. Karena biasanya balita itu mudah sekali tertidur ketika sambil minum susu.


Jadi, membuat si kecil terbiasa minum susu balita menggunakan gelas harus dilakukan setahap demi setahap. Hal ini tidak bisa dilakukan secara langsung. Karena pada dasaranya ibu merubah kebiasaan si kecil, dari minum susu terbaik untuk balita dengan botol menggantinya dengan gelas.

No comments:

Post a Comment