Wednesday, July 27, 2016

Beri Si Kecil Susu Balita Terbaik dan Perhatikan Durasi Ideal Bermain

Ibu pasti ingin melihat balita berkembang maksimal, bukan? Kuncinya hanya pada nutrisi dan stimulus dari luar. Dua hal ini yang sangat mempengaruhi bagaimana tumbuh kembang sang buah hati ibu. 



Memang susu balita bukan sumber utama nutrisi untuk si kecil, melainkan pelengkap. Akan tetapi, dengan memberika susu balita terbaik, setidaknya ia mendapatkan nutrisi seimbang yang dibutuhkannya sehari-hari.

Selanjutnya, ibu bisa memberikan stimulus untuk perkembangan balita. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajak si kecil beraktivitas, bergerak, dan bermain.

Ibu bisa mengajak si kecil bermain permainan apa saja. Hanya saja, ibu juga harus perhatikan durasi minimal bermain anak setiap hari.

Durasi Bermain Anak
Durasi ini sangat penting. Di satu sisi, ibu harus memastikan si kecil tidak passive. Ia harus aktif bermain dan bergerak. Namun, di sisi lain, ibu juga tidak boleh membiarkan si kecil terlalu lelah. Oleh sebab itu, ibu harus tahu berapa durasi ideal bermain anak.

Sebenarnya, tidak ada yang pasti berapa menit si kecil harus aktif bermain setiap hari. Durasi ditentukan oleh usia dan juga kondisi badan si kecil itu sendiri. Hal ini disebabkan keaktifan anak itu berbeda.

Akan tetapi, para dokter anak menyarankan setidaknya setiap hari si kecil aktif bermain selama 30 menit. Ini durasi minimal bermain anak setiap hari.

Jadi, apakah selama ini ibu sudah meluangkan waktu untuk mengajak si kecil bermain selama 30 menit?

Durasi ini tentu saja sesuai dengan nutrisi yang diserap oleh tubuh si kecil entah dari makanan dan minuman seperti susu anak terbaik. Karena memang balita harus aktif tapi tidak boleh terlalu kelelahan.

Fakta Di Lapangan
Sangat disayangkan jika kebanyakan orang tua hanya membawa si kecil bermain di luar rumah seminggu sekali, yaitu saat weekend. Alasannya sangat klise. Mulai senin hingga jumat, tidak ada waktu untuk bermain. Orang tua harus bekerja.

Hal ini membuat banyak balita yang menghabiskan waktu lebih banyak di dalam rumah. Bisa saja balita tersebut bermain di dalam rumah. Akan tetapi, yang dimaksud dengan bermain ini adalah beraktivitas di luar rumah dan bersosialisasi dengan orang lain.

Apalagi masa bermain di luar rumah yang paling disarankan adalah di pagi hari sebelum jam 9 dan sore hari. Karena sinar matahari pagi dan sore hari sangat baik sekali untuk kesehatan si kecil.

Apa yang Seharusnya Orang Tua Lakukan?
Tentu saja bekerja tidak seharusnya menjadi alasan sehingga balita seolah terkekang hanya bermain dan beraktivitas di dalam rumah. Jika ibu dan suami ibu harus bekerja, ibu bisa pastikan bawasannya baby sitter mengajak si kecil bermain di luar rumah setiap pagi dan sore hari.

Selain itu, peran ibu juga tak kalah penting. Usahakan ketika weekend, ibu menjaga sang buah hati sendiri,

Sayang sekali juga jika balita ibu lebih suka bermain gadget atau menonton TV. Boleh saja bermain gadget dan menonton TV. Akan tetapi, pastika si kecil aktif bermain dan bergerak setidaknya 30 menit setiap hari.

Pada kesimpulannya, tidak hanya nutrisi dari makanan dan juga susu untuk balita saja yang penting. Perkembangan balita juga ditentukan dari seberapa aktif si kecil bermain setiap hari. Dan ini tugas ibu sebagai orang tua untuk memastikan si kecil aktif demi tumbuh kembang yang baik.


No comments:

Post a Comment