Wednesday, August 31, 2016

Hanya Susu Balita Terbaik Yang Tidak Akan Merusak Gigi Si Kecil

susu balita terbaik
Ibu dan Balita

Ada anggapan bawasannya mengkonsumsi susu bisa membuat gigi si kecil rusak. Anggapan tersebut memang ada benarnya.



Akan tetapi, jika ibu memberikan susu balita terbaik, hal tersebut tidak akan terjadi. Karena susu yang terbaik tidak mengandung kandungan yang bisa merusak gigi.

Berarti, ada kandungan di dalam susu yang bisa merusak gigi? Sebenarnya tidak demikian. Hanya ada kandungan yang berpotensi merusak gigi balita.

Berikut ini alasan mengapa susu bisa membuat gigi balita rusak.

Kandungan Gula Di Dalam Susu
Kenapa ibu harus memilih susu balita yang terbaik? Karena susu yang terbaik lah yang menandung nutrisi yang seimbang. Dan kandungan gula di dalam susu tersebut sangat sedikit.

Kelebihan gula tidak hanya akan mengakibatkan obesitas pada balita, tapi juga bisa merusak gigi. Karena gula akan mengikis permukaan gigi si kecil yang cenderung masih rapuh.

Oleh sebab itu, ibu tidak boleh asal-asalan dalam memilihkan susu untuk balita. Lihat dulu kandungan gula di dalam susu tersebut. Apakah sudah sesuai dengan anjuran dokter anak atau tidak.

Waktu Pemberian Susu Salah
Namun, bukan hanya susu saja yang perlu ibu perhatikan. Ibu juga harus tahu kapan waktu yang tepat memberikan susu.

Sebenarnya kapan saja ibu boleh memberikan susu. Hanya saja, sebaiknya ibu tidak membuat si kecil terbiasa minum susu sambil tidur. Karena dikhawatirkan susu masih ada di dalam mulut sementara si kecil tertidur.

Jika hal tersebut terjadi, maka susu akan meredam gigi dan akhirnya gigi akan mudah rusak.

Akan lebih baik jika ibu memberikan susu ketika balita belum merasa mengantuk. Setelah minum susu, ibu bisa ajak si kecil gosok gigi terlebih dahulu. Dan biasakan si kecil tidur tanpa harus sambil minum susu menggunakan botol dot.

Dua hal tersebut sangat penting untuk ibu perhatikan. Akan tetapi, ada hal yang tak kalah penting lagi, yaitu bagaimana mengajarkan si kecil agar mau gosok gigi setiap hari.

Karena ketika gigi sudah tumbuh, menjaga kesehatan gigi sangat diperlukan. Agar gigi tidak rusak atau yang sering disebut gigis, ibu harus mulai membiasakan si kecil gosok gigi, setidaknya sekali sehari.

Ibu bisa gunakan sikat khusus untuk balita. Sikat ini didesain untuk gigi si kecil yang masih sangat kecil.

Selain itu, ibu juga perlu memeriksakan kondisi kesehatan gigi balita ke dokter. Tidak hanya untuk memastikan gigi balita sehat, tapi sekaligus untuk memeriksa bagaimana kebiasan kegiatan oral si kecil. Apalagi jika balita masih sering memasukkan jari ke dalam mulut, ibu perlu sekali memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut.

Sekarang ini, semakin banyak balita yang memiliki masalah dengan gigi mereka, seperti gigi rusak atau gigi gigis. Hal tersebut bisa dikarenakan salah memilih susu atau kebiasaan yang salah ketika minum susu.

Ibu perlu memilih susu yang terbaik untuk balita. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya susu yang terbaik yang tidak akan merusak gigi si kecil.

Namun, yang tak kalah pentingnya lagi adalah bagaimana ibu mengajari balita cara menjaga kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi setiap hari.


Dengan menerapkan tips tersebut di atas, ibu tidak perlu khawatir dengan kesehatan gigi balita ibu. Ibu akan melihat gigi balita tumbuh dengan sangat baik. Giginya tidak akan gigis jika ibu menerapkan tips tersebut secara kontinyu.

No comments:

Post a Comment