Monday, October 26, 2015

Mengatasi Penyakit Yang Sering Menyerang Balita





Dibutuhkan susu balita terbaik guna meningkatkan daya tahan tubuh buah hati agar tidak gampang sakit. Hal ini diperlukan mengingat balita belum memiliki pertahanan tubuh sempurna sehingga rawan terkena gangguan kesehatan.



Untuk balita Indonesia tantangannya kian berat karena negara ini termasuk wilayah yang beriklim tropis. Sebagaimana kita tahu moms, iklim tropis adalah rumah yang ramah bagi
berbagai mikroorganisme. Walhasil, sumber penyakit pun menjadi sangat beragam.

Tentunya dibutuhkan peran orang tua cerdas dan mampu bereaksi dengan cepat dan tepat dalam menjaga balita. Selain pengetahuan akan penyakit, orang tua juga wajib memberikan susu balita yang terbaik agar proses melawan sumber penyakit menjadi makin mudah.

Jangan remehkan penyakit yang menyerang anak yah, moms. Ingat ungkapan sedikit-sedik lama-lama menjadi bukit? Nah, hal itu juga bisa berlaku untuk penyakit. Bila penyakit awalnya tidak parah, namun bila tidak segera ditangani dengan baik nantinya bisa menjadi penyakit serius, bahkan membahayakan nyawa.

Berikut adalah beberapa penyakit yang rentan menyerang balita serta tips penanganannya.

  •      Diare

Salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh anak-anak adalah diare. Penyebab diare sendiri ada banyak seperti infeksi bakteri, sensitifnya anak-anak terhadap makanan tertentu, dan terlalu banyak minum jus buah.

Untuk mengatasinya, berilah anak cairan yang cukup. Berikan juga cairan oralit untuk mengurangi frekuensi BAB anak. Namun jika dalam 24 jam kondisi anak tak kunjung membaik segera hubungi dokter. Apalagi jika diare yang diderita tersebut disertai dengan muntah dan demam. Pemilihan susu juga bisa menjadi faktor balita mengalami diare loh, moms. Oleh karena itu, berikan susu balita dengan kandungan prebiotik yang baik untuk pencernaannya.


  • Susah BAB

Sering sekali balita menangis saat mereka BAB dan fesesnya agak keras atau padat. Ini bisa menandakan bahwa balita mengalami sembelit alias susah buang air besar.

Menambahkan ASI, makanan cair, dan jus buah akan membantu mengatasi sembelit pada anak-anak. Pada beberapa kasus, susu balita bisa juga menjadi penyebab susah buang air besar. Oleh karena itu, orang tua harus memastikan susu untuk balita mereka adalah yang terbaik sehingga tidak menyebabkan sembelit. Yang pasti, menghubungi dokter wajib dilakukan jika kondisi anak tak kunjung membaik.



  •        Demam

Demam yang sering menimpa anak sejatinya bukanlah penyakit. Kondisi ini sejatinya merupakan reaksi tubuh saat mengalami infeksi, tumbuh gigi, atau setelah imunisasi.

Untuk mengatasinya, berikan cairan yang cukup. Pastikan juga agar orang tua tidak memberikan anak pakaian yang tebal atau berlapis saat anak mengalami demam. Jika panasnya melebihi 38 derajat Celcius, sebaiknya bawalah anak ke dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.



  •       Batuk

Gangguan kesehatan yang sering melanda anak yang sering terjadi adalah batuk. Sebagian besar batuk disebabkan oleh adanya infeksi virus. Ada juga batuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan ini lebih berbahaya daripada yang disebabkan oleh virus.

Untuk mengatasinya, berikan ASI atau susu balita yang terbaik untuk anak lebih sering. Pantau juga kondisi demam yang biasanya akan muncul menyertai batuk. Jika kondisi batuk atau demamnya tak kunjung membaik dalam beberapa hari, pastikan anak dibawa ke dokter.


  •   Ruam

Penyakit yang sering menimpa anak lainnya adalah ruam. Ruam sendiri sering kali disebabkan oleh berbagai faktor seperti kulit kering, lecet, alergi, atau infeksi. Hal ini terjadi karena kulit anak-anak jauh lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa.

Cara mengatasi ruam pada anak-anak bisa dilakukan dengan cara mengoleskan baby oil atau lotion khusus pada daerah yang terkena. Untuk menghindarinya, teraturlah dalam mengganti popok. Jika disebabkan oleh alergi, pastikan orang tua mengetahui dan menghindari pencetusnya.


Meski cara di atas terbilang efektif dalam mengatasi atau mencegah penyakit yang sering menyerang anak, mencegah datangnya penyakit tetap lebih baik. Oleh karena itu, perkuatlah sistem kekebalan tubuh anak dengan memberikan susu balita berkualitas terbaik.

No comments:

Post a Comment