Thursday, October 15, 2015

Tumbuh Kembang Balita Yang Normal



Susu balita dikonsumsi secara luas untuk membantu pemenuhan nutrisi bagi tumbuh kembang buah hati. Orang tua juga harus mengetahui dengan jelas mengenai tumbuh kembangbalita. untuk mendukung perkembangannya sekaligus mengantisipasi jika ada hal-hal yang tidak normal.




Ketika balita berusia di bawah tiga tahun, ciri-ciri normal tumbuhan kembangnya yang normal menyangkut bagaimana anak belajar berjalan, berbicara, makan, dan berinteraksi dengan orang lain.


Berat badan
Usia satu bulan hingga 12 bulan merupakan masa pertumbuhan anak yang tercepat dibandingkan usia lain dala kehidupannya kelak. Berat balita yang normal saat menginjak usia 6 bulan adalah dua kali lipat berat ia saat lahir. Lonjakan berat selanjutnya terjadi saat berusia setahun dimana beratnya adalah tiga kali lipat saat balita tersebut lahir. Selanjutnya, balita yang normal akan tumbuh sekitar 50 gram sampai 1kg setiap bulan.

Tinggi badan
Tanda kedua bahwa tumbuh kembang balita berjalan normal adalah bertambahnya tinggi balita sekitar 2,45cm selama 6 bulan pertama. Selanjutnya, anak usia di bawah tiga tahun akan bertambah tinggi sekitar 1,27cm setiap bulan saat usia 6 hingga 12 bulan. Pertumbuhan tinggi balita selanjutnya akan berjalan lebih lambat daripada saat mereka berusia setahun ke bawah, hal itu masih normal.

Diameter kepala
Untuk menentukan bahwa tumbuh kembang balita berjalan normal adalah diameter kepala bertambah sekitar 1,27cm setiap bulan selama 6 bulan pertama.  Selanjutnya, ukuran kepala akan bertambah sekitar 0,6cm saat balita berusia 6 sampai 12 bulan.


Jika tumbuh kembang balita jauh di bawah tanda-tanda di atas, kemungkinan mereka kekurangan asupan nutrisi atau mengalami kondisi medis tertentu. Bobot badan ikut menentukan aktivitas balita loh moms. Bila anak kekurangan nutrisi penting dan bobotnya terlalu rendah atau terlalu tinggi, balita dapat kesulitan untuk berjalan, berbicara, berinteraksi, serta fungsi motorik dan kognitif lainnya. Yuk, berikan susu balita terbaik untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.


Selain itu, pastikan nutrisi penting yang mencakup prebiotik, protein, nukleotida, vitamin, serta mineral terkandung dalam susubalita dan untuk balita moms yang batu berusia 1 tahun ada susu khusus yaitu susu anak 1 tahun yang bisanya untuk anak berusia 1-3 tahun.

No comments:

Post a Comment